facebook

Alumni Premier League dan La Liga, Jordi Amat Siap Transfer Ilmu ke Timnas Indonesia

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Alumni Premier League dan La Liga, Jordi Amat Siap Transfer Ilmu ke Timnas Indonesia
Calon pemain naturalisasi Jordi Amat akan memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. [Dok PSSI]

"Kami bisa diskusi dan temukan yang terbaik untuk tim," kata Jordi Amat.

Suara.com - Calon pemain naturalisasi, Jordi Amat mengaku siap berbagi ilmu di Timnas Indonesia. Pengalamannya berkompetisi di La Liga hingga Premier League diharapkan bisa membantu tim Merah Putih.

Jordi Amat yang memiliki darah Indonesia dari sang nenek, tengah menjalani proses naturalisasi. Dia mengklaim perubahan status menjadi warga negara Indonesia (WNI)  hampir rampung.

Sebagai pemain yang sempat mencicipi kompetisi level tertinggi Eropa seperti Liga Inggris dan Liga Spanyol, Jordi Amat jelas punya banyak pengalaman berharga.

Tercatat, pemain yang berposisi sebagai bek itu pernah berbaju Espanyol dan Rayo Vallecano. Dua tim tersebut merupakan peserta LaLiga alias kompetisi kasta teratas Liga Spanyol.

Baca Juga: Shin Tae-yong Tegaskan Jordi Amat hingga Shayne Pattynama Masuk Rencana Timnas di Kualifikasi Piala Asia

Selain itu, Jordi Amat sempat berseragam Swansea City yang bermain di Premier League alias kompetisi papan atas Inggris pada 2013-2018. Terakhir, ia membela KAS Eupen peserta Liga Belgia.

"Saya sudah bermain 12 tahun di sepakbola profesional seperti La Liga dan Premier League. Jadi saya banyak pengalaman, pengetahuan yang bisa dibagi kepada pemain lain, dan tentu juga saya belajar bagaimana sepak bola di sini," kata Jordi Amat di Hotel Sultan, Kamis (26/5/2022).

Jordi Amat di Hotel Sultan, Jakarta (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)
Jordi Amat di Hotel Sultan, Jakarta (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

"Kami bisa diskusi dan temukan yang terbaik untuk tim. Saya yakin bisa bantu tim dan pemain lain juga bisa banyak berbagi dengan saya. Jadi bersama kami bisa dapatkan performa terbaik untuk tim," terangnya.

Sementara mengenai sepakbola Indonesia, Jordi Amat mengaku sudah banyak belajar. Ia juga mulai belajar budaya Indonesia dari neneknya.

"Nenek saya sering kasih tahu soal Indonesia, Jadi saya tinggal nunggu momentum yang tepat untuk menunjukkan kemampuan. Sebelumnya sulit karena di Eropa saya banyak pertandingan, Tapi sekarang sudah siap, Sekarang kami sudah siap semua dan siap bergabung ke timnas," tambah Jordi.

Baca Juga: Kelar SEA Games 2021, Ronaldo Kwateh Langsung Bela Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup

"Mereka (orang-orang Indonesia) semua sangat baik, di bandara, hotel, dan mall. Orang-orang meminta foto dengan saya di jalan. Orang-orangnya amazing dan sangat ramah. Saya menunggu dan tak sabar debut, berlatih bersama timnas," pungkasnya.

Komentar