facebook

Hajar Peru Secara Dramatis, Timnas Australia Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar

Arief Apriadi
Hajar Peru Secara Dramatis, Timnas Australia Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar
Gelandang Timnas Australia, Jackson Irvine (kanan). [KARIM JAAFAR / AFP]

Australia mengalahkan Peru lewat drama adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

Suara.com - Timnas Australia sukses merebut tiket menuju putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka lolos ke ajang sepak bola empat tahunan itu usai mengalahkan Peru secara dramatis, Selasa (14/6/2022) dini hari WIB.

Duel Australia vs Peru terjasi dalam playoff antarkonfederasi Piala Dunia 2022. Negeri Kanguru menang adu penalti dengan skor 5-4 usai bermain imbang tanpa gol dengan Peru selama 120 menit di Al Rayyan Stadium, Qatar.

Kemenangan ini membuat Australia sukses melanjutkan tradisi lolos ke Piala Dunia. Ini merupakan kelima kali beruntun mereka berhasil melaju ke putaran final ajang sepak bola paling akbar tersebut.

Dalam pertandingan ini, Australia sempat berinisiatif menyerang di awal laga. Namun perlahan Peru mampu berbalik menguasai pertandingan dan menekan lawannya.

Baca Juga: Hadapi Peru di Laga Hidup Mati Play-off Piala Dunia, Gelandang Australia Berharap Suporter Rela Bangun Pagi-pagi Buta

Meski demikian, Australia beberapa kali mampu mengancam gawang Peru. Di pertengahan babak, mereka kerap mengancam lewat umpan-umpan silang yang salah satunya kerap dikirim M. Boyle.

Di sisi lain, Peru juga tak tinggal diam. Mereka mampu membangun serangan sebelum membawa bola mendekati kotak penalti Australia. Tetapi, skema itu kerap mampu dipatahkan lawannya.

Di babak kedua, kondisi berbalik. Australia yang tampil lebih reaktif di babak pertama, kini berupaya menekan dan terus menyerang Peru yang coba mengandalkan serangan balik pada periode ini.

Namun, penguasaan bola pada akhirnya tetap dipegang Peru dengan 52 persen berbanding 48 milik Australia ketika waktu normal berakhir tanpa gol. Namun, Australia tercatat menciptakan peluang lebih banyak yakni 10.

Di babak tambahan waktu, tak ada banyak perubahan pola permainan. Kedua tim masih sama-sama menekan untuk mencari gol kemenangan.

Baca Juga: Pemkab Mojokerto dan Australia Perkuat Kerja Sama di Sektor Pendidikan

Peru tampil lebih agresif di fase ini dengan menciptakan lima peluang tambahan. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga, skor tanpa gol tak berubah.

Komentar