facebook

Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia, Ajax Terdepan

Rully Fauzi
Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia, Ajax Terdepan
Frenkie de Jong. [Saeed KHAN / AFP]

Akademi Ajax sudah menelurkan banyak pemain bintang.

Suara.com - Akademi sepakbola menjadi komponen penting terbentuknya para pemain top, di beberapa negara Eropa muncul akademi-akademi terbaik yang menghasilkan calon bintang masa depan.

Munculnya akademi sepakbola sebenarnya muncul karena dibutuhkan adanya regenerasi pemain, namun seiring itu dilakukan malah menjadi ladang bisnis.

Tak sedikit tim-tim Eropa yang meraup untung dari penjualan pemain akademi ini, bahkan ada yang terjual dengan memecahkan rekor transfer klub.

Namun tim manakah yang memiliki akademi sepak bola terbaik di dunia? Berikut tiga di antaranya akademi sepak bola yang dianggap berstatus demikian:

Baca Juga: Menanti Manchester United Bau Ajax Bersama Erik ten Hag

1. De Toekomst (Ajax)

Johan Cryuff, Wesley Sneijder, hingga era Frenkie de Jong menjadi bukti betapa hebatnya kualitas akademi Ajax Amsterdam di Eropa.

Jebolan akademi Ajax tak hanya jadi bagian klub-klub top Eropa, tetapi juga langganan di timnas Belanda.

Ajax secara rutin menjual para pemain bintangnya tanpa harus khawatir siapa yang bakal jadi pengganti atau penerus.

Karena hampir setiap tahun selalu ada beberapa pemain yang dipromosikan ke skuat utama, 2-4 pemain selalu masuk setiap tahunnya.

Baca Juga: 3 Alasan Cristiano Ronaldo Layak Pertimbangkan Tawaran Chelsea

Setelah itu baru dijual ke klub lain, termasuk seperti Rafael Van der Vaart, Wesley Sneijder, Frenkie de Jong dan Mathhijs de Ligt.

2. Cobham (Chelsea)

Chelsea menjadi tim superior di kancah Eropa sejak kendali berada di tangan taipan Rusia, Roman Abramovich dan pembangunan infrastruktur jadi salah satu alasannya.

Dalam waktu singkat, Chelsea memiliki akademi bernama Cobham yang sudah menorehkan prestasi dengan dua kali juara Liga Champions kelompok umur.

Beberapa nama pemain produk akademi Chelsea ini seperti Reece James, Mason Mount, Tammy Abraham hingga Daniel Sturridge.

3. Benfica Juniors (Benfica)

Meski tidak sepopuler deretan akademi sepak bola di Inggris, Benfica Junior sangat lihai dalam mengelola keuangan dan ini patut diapresiasi.

Hanya dengan beberapa nama saja Benfica berhasil meraup lebih dari 300 juta euro, atas nama Ederson Moraes, Ruben Diaz, Bernardo Silva, Renato Sanchez dan Joao Cancelo.

[Eko Isdiyanto]

Komentar