facebook

Profil Maria Sole Ferrier Caputi, Wasit Wanita Pertama di Serie A

Rully Fauzi
Profil Maria Sole Ferrier Caputi, Wasit Wanita Pertama di Serie A
Maria Sole Ferrier Caputi. [doc. DW]

Sejarah baru bakal tercipta di Liga Italia Serie A musim 2022/2023.

Suara.com - Sejarah baru bakal tercipta di Liga Italia Serie A musim 2022/2023. Akan ada wasit wanita pertama kalinya di kompetisi kasta tertinggi di Italia itu yang bernama Maria Sole Ferrieri Caputi.

Ini bukan kali pertama cocok Caputi membikin sejarah di sepak bola Italia. Dia sebelumnya sudah pernah memimpin pertandingan antara tim Serie A.

Momen ini terjadi musim lalu saat dia memimpin pertandingan antara Cagliari vs Cittadella di babak 32 besar Coppa Italia, Kamis (16/12/2021) dini hari WIB.

Ini merupakan catatan yang membanggakan karena wasit wanita lainnya, Maria Marotta, hanya diberi kesempatan memimpin pertandingan dari klub Serie B.

Baca Juga: AC Milan Permanenkan Alessandro Florenzi, Dikontrak hingga Juni 2025

Marotta dan Ferrieri merupakan dua dari 4 wasit wanita asal Italia yang memiliki lisensi memimpin pertandingan profesional di level sepak bola pria.

Meski begitu, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) tidak terlalu terburu-buru mempercayakan pertandingan ke semua wasit wanita ini.

Berikut ulasan profil dari Maria Sole Ferrieri Caputi:

Maria Sole Ferrieri Caputi adalah wasit wanita kelahiran Italia pada 20 November 1990. 

Ferreira yang sehari-harinya bekerja sebagai peneliti di Fondazione Adapt merupakan salah satu wasit wanita Italia yang mendapat kepercayaan tersebut.

Baca Juga: Kerap Pakai Topeng, Victor Osimhen Ungkap Cedera Horor yang Buat Nyawanya Hampir Melayang

Dia berasal dari Livorno dan saat ini juga mengajar di University of Bergamo. Debutnya sebagai pengadil lapangan terjadi pada 17 Oktober 2021 di laga antara Cittadella vs SPAL.

Menurut catatan Transfermarkt, di musim 2021/22 ini Ferrieri sudah memimpin 8 pertandingan di berbagai level.

Dengan kesempatan memimpin pertandingan Coppa Italia yang tim Serie A, peluang Ferrieri memimpin pertandingan lebih bergengsi terbuka sangat luas.

Bukan tidak mungkin, dia mengikuti jejak Stephanie Frappart dari Prancis, yang memiliki kesempatan memimpin Ligue 1 dan kompetisi Eropa.

Kepada La Gazzetta dello Sport, Maria Sole Ferrieri Caputi sempat mengungkapkan bahwa dirinya memang menyukai sepak bola dan sudah terjun ke dunia wasit sejak 2007. 

Cintanya Maria Sole Ferrieri Caputi pada sepak bola, ternyata mendapat dukungan dari sang ayah. Caputi juga mengaku bahwa dirinya mengidolakan Roberto Baggio.

Kini kariernya semakin berkembang pesat dengan menjadi wasit wanita pertama yang akan memimpin pertandingan Serie A terhitung per musim 2022/23.

"Ini adalah momen yang sangat indah dan kepuasan yang luar biasa dan juga menyedihkan untuk berpikir bahwa seseorang harus kagum dengan kehadiran seorang wanita," kata Presiden Asosiasi Wasit Italia (AIA), Alfredo Trentalange.

[Aditia Rizki]

Komentar