facebook

Hasil Semifinal Piala Presiden: Arema FC Permalukan PSIS Dua Gol Tanpa Balas di Stadion Jatidiri

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Hasil Semifinal Piala Presiden: Arema FC Permalukan PSIS Dua Gol Tanpa Balas di Stadion Jatidiri
Suasana laga semifinal Piala Presiden 2022 antara PSIS Semarang kontra Arema FC di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/7/2022) sore. [ANTARA FOTO/Aji Styawan]

Gol Abel Camara dan Gian Zola memaksa PSIS menelan pil pahit di markasnya sendiri.

Suara.com - Arema FCm mempermalukan tuan rumah PSIS Semarang dalam laga leg pertama semifinal Piala Presiden 2022 di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (7/7/2022) sore. Meski banyak mendapat tekanan, Arema FC mengamankan kemenangan 2-0 atas PSIS.

Adapun kedua tim akan kembali bentrok di laga leg kedua yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, 11 Juli nanti.

Dengan bakal main di kandang sendiri dan juga telah mengantongi agregat 2-0, boleh dibilang satu kaki Arema FC sudah ada di final turnamen pramusim Piala Presiden ini.

Di Stadion Jatidiri, pertandingan berjalan sengit di babak pertama. PSIS yang tampil di hadapan suporternya sendiri lebih mendominasi ketimbang Arema FC di awal-awal paruh pertama ini.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Piala Presiden 2022 Hari Ini, PSIS vs Arema FC dan PSS Sleman vs Borneo FC

Gawang Arema FC yang dikawal kiper tangguh Adilson Maringa terus digempur oleh PSIS. Banyak sekali peluang yang didapatkan Carlos Fortes dan kawan-kawan untuk mencetak gol.

Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi. Beberapa peluang masih bisa diantisipasi oleh Arema FC hingga terbuang percuma.

Alhasil tidak ada gol sampai turun minum. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama selesai.

Babak kedua tidak jauh berbeda dengan babak pertama. PSIS masih mendominasi permainan, dengan playmaker asal Jepang, Taisei Marukawa jadi otak serangan tim Laskar Mahesa Jenar.

Sayangnya, PSIS terus mengalami kebuntuan dalam membongkar pertahanan rapat Arema FC. Sementara di sisi lain, Arema FC perlahan sudah mulai bisa melakukan serangan, tidak seperti di babak pertama.

Baca Juga: Semifinal Piala Presiden: Ujian Pertama Borneo FC Samarinda Main di Luar Kandang Lawan PSS

Singo Edan --julukan Arema FC-- bermain sabar. Mereka menunggu momentum yang pas untuk melakukan serangan ke daerah pertahanan PSIS.

Alhasil, pada menit ke-78 Arema FC membuka skor. Berawal dari tendangan bebas Evan Dimas yang diteruskan sundulan Sergio Silva, bola disambut Abel Camara yang tanpa ragu memasukannya ke gawang PSIS.

Striker Arema FC, Abel Camara (kiri). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto]
Striker Arema FC, Abel Camara (kiri). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto]

Di sepakbola Indonesia, ini merupakan gol pertama Abel Camara, striker Guinea berusia 32 tahun yang merupakan legiun asing anyar Arema FC. 

Tertinggal 0-1 membuat tuan rumah PSIS semakin agresif. Berbagai upaya dilakukan Jonathan Cantillana dan kawan-kawan supaya bisa membobol gawang Singo Edan.

Namun, Arema FC justru bisa mencuri gol dan menambah keunggulan. Masuk sebagai pemain pengganti, Gian Zola mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan silang manis Dendi Santoso.

Tidak ada lagi gol sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Arema FC membungkam PSIS di kandangnya dengan skor 2-0 pada leg pertama ini.

Susunan Pemain

PSIS Semarang XI (4-2-3-1): Aldhila Ray Redondo; Fredyan Wahyu Sugiantoro, Wahyu Prasetyo, Ale Sesay, Frendi Saputra; Alfeandra Dewangga, Guntur Triaji; Taise Marukawa, Jonathan Cantillana, Wawan Febrianto: Carlos Fortes.

Pelatih: Sergio Alexandre (Brasil)

Arema FC XI (4-2-3-1): Adilson Maringa; Achmad Figo, Sergio Silva, Bagas Adi, Rizky Dwi Febrianto; Jayus Hariono, Renshi Yamaguchi; Muhammad Rafli, Adam Alis, Irsyad Maulana; Abes Issa Camara.

Pelatih: Eduardo Almeida (Portugal)

Komentar