Mengenal Timothy Weah, Anak Presiden Liberia yang Cetak Gol Pertama AS di Piala Dunia 2022

Reky Kalumata | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mengenal Timothy Weah, Anak Presiden Liberia yang Cetak Gol Pertama AS di Piala Dunia 2022
Penyerang Amerika Serikat #21 Timothy Weah merayakan gol bagi timnya pada pertandingan sepak bola Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara AS dan Wales di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, barat Doha pada 21 November 2022. Permata SAMAD / AFP

Timothy Weah adalan pemain muda andalan timnas Amerika Serikat

Suara.com - Pemain Timnas Amerika Serikat (AS), Timothy Weah telah menjadi sorotan setelah berhasil mencetak gol saat laga Amerika Serikat vs Wales di Piala Dunia 2022 yang berakhir imbang 1-1, di Ahmad bin Ali Stadium, Senin (21/11/2022).

Timothy Weah lebih dulu membawa Amerika Serikat memimpin 1-0 pada menit ke-36. Namun gol Gareth Bale dari titik penalti di babak kedua membuat skor menjadi imbang.

Meski demikian aksi Timothy Weah menjadi sorotan. Pemain berusia 22 tahun ini rupanya adalah anak dari legenda sepak bola George Weah yang populer di era 1990-an.

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/11/2022), Timothy Weah menjadi pemain andalan timnas AS dengan usianya yang masih cukup muda, yakni 22 tahun.

Baca Juga: Paling Suka Karaoke, NCT 127 Bagikan Momen Karaoke Legend: 13 Jam Non-stop

Darah sepak bola Timothy Weah mengalir dari ayahnya. Keduanya berbeda warga negara, karena diketahui George Weah saat ini menjabat sebagai Presiden Liberia.

Timothy Weah lahir di New York, 22 Februari 2000. Dia bermain di klub LOSC Lille saat ini dengan masa kontrak berakhir pada tahun 2024.

Klub LOSC Lille FC merupakan salah satu klub Liga Prancis. Saat ini Timothy Weah punya nilai pasar sebesar USD12 juta.

Dengan usianya yang masih muda, bukan tidak mungkin Timothy Weah mampu segemilang karir sang Ayah. Selama bermain sepak bola, George Weah pernah meraih Ballon d’Or pada 1995.

Saat itu dirinya merupakan pemain AC Milan. George Weah bahkan berhasil mengukir sejarah untuk persepak bolaan Afrika, khususnya Liberia yang tidak memiliki kultur kuat dalam sepak bola

Baca Juga: Thomas Doll Tak Mau Lepas Pemain Persija untuk Piala Asia U-20: Pergi Pas Piala Dunia U-20 Saja

Namanya saat ini masih menjadi satu-satunya pemain dari benua Afrika yang mampu meraih Ballon d’Or.