Hasil Brasil vs Swiss: Tendangan Geledek Casemiro Bawa Selecao ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Rully Fauzi
Hasil Brasil vs Swiss: Tendangan Geledek Casemiro Bawa Selecao ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022
Gelandang Timnas Brasil, Casemiro. [CHARLY TRIBALLEAU / AFP]

Timnas Brasil jadi tim kedua setelah Prancis yang memastikan diri lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Suara.com - Timnas Brasil menang tipis 1-0 atas Timnas Swiss pada laga matchday 2 Grup G Piala Dunia 2022 yang rampung Selasa (29/11/2022) dini hari WIB di Stadion 974, Qatar. Gol tunggal sekaligus gol kemenangan Selecao dicetak gelandang Casemiro. 

Dengan kemenangan ini, Brasil nyaman memimpin klasemen Grup G dengan poin sempurna 6 dari dua laga. Selecao pun jadi tim kedua setelah Prancis yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Sementara itu, Swiss saat ini ada di posisi kedua dengan poin 3. Swiss unggul dua poin atas Kamerun dan Serbia yang baru mengoleksi 1 poin setelah bermain imbang 3-3 di laga Grup G, Senin (28/11) petang.

Pada babak pertama laga di Stadion 974, Brasil cukup mendominasi Swiss dari berbagai aspek mulai dari ball possession, percobaan tembakan, hingga shots on target.

Baca Juga: 'Jeratan' PSG Halangi Lionel Messi Supaya Tidak Kembali Pulang ke Barcelona

Peluang bersih pertama didapat Brasil pada menit ke-12. Sayang, sodoran Raphinha yang ditujukan pada Vinicius Junior di kotak penalti masih bisa diantisipasi bek Swiss.

Menit ke-27, bola crossing Raphinha dari sisi kanan berhasil disambut Vinicius. Namun, sepakan jarak dekat penyerang sayap Real Madrid itu masih bisa diblok kiper tangguh Swiss, Yann Sommer.

Menit ke-31, sepakan Raphinha dari jarak 25-yard masih bisa ditangkap Sommer dengan mudah.

Menit ke-39, aksi ciamik Ruben Vargas yang melakukan 'Johan Cruyff turn' di kotak penalti Brasil digagalkan tekel brilian dari bek gaek Thiago Silva.

Sampai babak pertama rampung, skor 0-0 tetap bertahan.

Baca Juga: Profil Rodney Goncalves, Eks Pelatih Philippe Coutinho yang Dipecat Barito Putera

Masuk babak kedua, sulitnya membongkar defense Swiss yang sangat terorgabisir membuat pelatih Brasil, Tite menyegarkan lini serangnya dengan memasukkan nama-nama baru. Rodrygo, Antony, hingga Gabriel Jesus bergantian masuk.

Vinicius sempat mencetak gol di menit ke-64 lewat aksi individu menusuk ke kotak penalti Swiss. Namun, setelah tinjauan VAR, dinyatakan Richarlison lebih dulu terperangkap offiside dalam proses serangan.

Akhirnya pada menit ke-83, sebuah tembakan geledek Casemiro dari luar kotak penalti tak bisa dibendung Sommer.

Sepakan jangkar Manchester United sempat deflected sedikit mengenai pemain Swiss, namun power yang luar biasa membuat bola melucur deras ke gawang Swiss.

Sampai laga rampung, skor 1-0 untuk kemenangan Brasil tidak berubah.

Secara keseluruhan, Brasil mendominasi Swiss pada laga ini dengan ball possession mencapai 54 persen. Brasil juga unggul dalam hal percobaan tembakan, yakni 13 berbanding 6 milik Swiss.

Brasil juga melepas total lima tembakan tepat sasaran sepanjang laga, sementara Swiss sama sekali tak mencatatkan shot on target.

Susunan Pemain:

Timnas Brasil XI: Alisson Becker, Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro, Casemiro, Fred, Lucas Paqueta, Raphinha, Richarlison, Vinicius Junior.

Pelatih: Tite (Brasil)

Timnas Swiss XI: Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Silvan Widmer, Fabian Rieder, Granit Xhaka, Remo Freuler, Djibril Sow, Ruben Vargas, Breel Embolo.

Pelatih: Murat Yakin (Swiss)