Hasil Piala Dunia 2022: Lionel Messi Gagal Penalti, Argentina Lolos ke 16 Besar usai Lumat Polandia 2-0

Arief Apriadi
Hasil Piala Dunia 2022: Lionel Messi Gagal Penalti, Argentina Lolos ke 16 Besar usai Lumat Polandia 2-0
Gelandang Timnas Argentina, Alexis Mac Allister melakukan selebrasi usai mencetak gol pembuka timnya selama matchday ketiga Grup C Piala Dunia 2022 antara Polandia vs Argentina di Stadion 974, Qatar, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB. [FIFA]

Kemenangan Timnas Argentina atas Polandia diwarnai kegagalan Lionel Messi mencetak gol lewat tendangan penalti.

Suara.com - Timnas Argentina berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Polandia dalam matchday ketiga atau terakhir Grup C, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB.

Duel Polandia vs Argentina yang berlangsung di Stadion 974, Doha, Qatar itu berakhira dengan skor 2-0 untuk kemenangan wakil Amerika Selatan.

Gol-gol Tim Tango dalam pertandingan ini dicetak oleh Alexis Mac Allister pada menit pertama babak kedua, sebelum digandakan Julian Alvarez (67').

Argentina sejatinya bisa mencetak gol lebih banyak dalam laga ini. Namun, penalti Lionel Messi di babak pertama tepatnya menit ke-39 gagal berbuah gol.

Baca Juga: 'Jeratan' PSG Halangi Lionel Messi Supaya Tidak Kembali Pulang ke Barcelona

Tim asuhan Lionel Scaloni mendapat hadiah penalti setelah Messi dijatuhkan di kotak terlarang. Wasit memberikan hadiah itu usai berkonsultasi dengan VAR.

Namun, tendangan Messi ke sisi kanan gawang masih mampu dibaca kiper Wojciech Szczesny yang membuat La Pulga mencatatkan rekor buruk sebagai pemain pertama yang gagal mencetak gol dalam dua kesempatan penalti di luar babak tos-tosan.

Kemenangan ini membuat Timnas Argentina lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen Grup C dengan koleksi enam poin hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah.

Sementara satu tiket ke fase gugur lainnya digenggam Polandia (4 poin) yang meski kalah, berhasil mempertahankan posisi runner-up setelah unggul selisih gol dari Meksiko yang cuma menang 2-1 atas Arab Saudi.

Di babak 16 besar, Argentina sudah ditunggu Australia yang berhasil lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022 sebagai runner-up Grup D di bawah Prancis. Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan pada Minggu (4/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Baca Juga: PSG Kerja Keras Cegah Lionel Messi Kembali ke Barcelona

Di sisi lain, Polandia selaku runner-up bakal menghadapi juara bertahan Prancis dalam babak 16 besar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar pada 4 Desember 2022 pukul 22.00 WIB.