Profil Al Ittihad, Klub Arab Saudi Dirumorkan Rekrut Karim Benzema

Karim Benzema telah dikonfirmasi meninggalkan Real Madrid dengan status free transfer.

Rully Fauzi
Senin, 05 Juni 2023 | 22:55 WIB
Profil Al Ittihad, Klub Arab Saudi Dirumorkan Rekrut Karim Benzema
Karim Benzema. (AFP / PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Suara.com - Klub Arab Saudi, Al Ittihad, santer dikabarkan bakal menjadi tim baru Karim Benzema usai dipastikan meninggalkan Real Madrid di bursa transfer musim panas ini.

Real Madrid resmi mengumumkan kepergian penyerang asal Prancis itu pada Minggu (4/6/2023). Pemilik satu gelar Ballon d'Or tersebut tak akan memperpanjang kontraknya di Los Blancos.

Dengan begini, Benzema akhirnya menyudahi kariernya di Madrid, yang berjalan selama 14 tahun. Selanjutnya, eks pemain Lyon itu kabarnya akan melanjutkan karier ke Arab Saudi.

Nah, Al Ittihad yang merupakan juara Saudi Pro League 2022/23, paling santer dikaitkan bakal mendapat tanda tangan sang pemain berusia 34 tahun itu.

Baca Juga:Klausul Rilis Ditebus, Alexis Mac Allister Selangkah Lagi Berkostum Liverpool

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Al Ittihad sendiri? Berikut profil singkat klub Arab Saudi ini.

Profil Al Ittihad

Al Ittihad merupakan klub sepak bola tertua di Arab Saudi yang sudah berdiri sejak 26 Desember 1927. Klub berjuluk Tigers of Asia tersebut satu angkatan dengan AS Roma hingga Dynamo Kyiv.

Pada awalnya, klub sepak bola Al Ittihad dibentuk sebagai wadah hiburan untuk masyarakat di Jeddah, Arab. Namun seiring berjalan waktu, para pendiri Al Ittihad menjadikan klub ini sebagai klub profesional.

Kendati begitu, masa keemasan Al Ittihad baru hadir pada era 1990-an hingga 2000-an. Berbagai gelar domestik, regional, hingga internasional berhasil direngkuh.

Baca Juga:Karim Benzema Pindah ke Al-Ittihad Jadi Pemain Termahal?

Untuk torehan prestasi, Al Ittihad tercatat mengantongi 9 gelar juara Liga Pro Arab Saudi termasuk gelar terbaru pada musim 2023, meraih 9 gelar juara King Cup, 8 Crown Prince Cup, 1 Super Cup, dan 3 Saudi Federation Cup.

Sementara di level regional hingga kontinental, Al Ittihad meraih 2 kali Liga Champions Asia, 1 Asian Cup Winners Cup, Arab Champions League, GCC Champions League dan 2 gelar Saudi-Egyptian Super Cup.

Untuk kandang sendiri, Al Ittihad bermarkas di King Abdullah Sports City yang punya kapasitas 62.345 penonton sehingga menjadi stadion terbesar kedua di Arab Saudi.

Saat ini, Al Ittihad dibesut oleh pelatih asal Portugal, Nuno Espirito Santo. Ia punya pengalaman melatih klub-klub Eropa, mulai dari Porto, Wolverhampton Wanderers, hingga Tottenham Hotspur.

Bintang andalan Al Ittihad saat ini adalah striker Abderrazak Hamdallah yang menjadi top skor klub dengan 21 gol musim ini. Selain itu ada striker Romarinho, gelandang Igor Coronado, dan bek tengah Ahmed Sharahili dengan koleksi 4 golnya.

[Aditia Rizki]

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

BOLA

TERKINI