Meminum Teh Dapat Membantu Melancarkan Pencernaan

Suara Depok

Minggu, 08 Januari 2023 | 16:29 WIB
Meminum Teh Dapat Membantu Melancarkan Pencernaan
Manfaat meminum teh (Pixabay)

Depok.suara.com - Minum teh itu menenangkan dan mungkin lebih membantu melawan ketidaknyamanan perut atau kembung, menurut pakar diet asal Illinois Nancy Z. Farrell Allen. Tapi apakah teh juga berkhasiat lebih dari sekedar menenangkan?

"Teh dapat menawarkan kenyamanan dengan membantu mengatur flora usus, mengurangi peradangan, atau membantu motilitas gastrointestinal (buang air besar)," kata dia seperti disiarkan LiveScience belum lama ini.

Selain itu, dokter pengobatan keluarga di Tennessee Dr. Laura Purdy mengatakan, teh hitam, hijau, atau lainnya dapat membuat perbedaan. Menurut dia, berbagai jenis teh dapat membantu disfungsi pencernaan.

Kualitas menenangkan Peppermint bisa disebabkan oleh zat yang disebut Piperita L. Menthacarin. Menurut review tahun 2018, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, zat ini mendorong relaksasi jaringan otot.

Studi lainnya pada tahun 2018 dalam jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics menunjukkan minyak peppermint berdampak positif bagi kesehatan pencernaan.

Namun, peneliti tidak tahu sejauh mana temuan ini dapat dialihkan ke dalam bentuk teh peppermint, karena kekuatan dan dosisnya akan berbeda. Mungkin ada manfaat serupa, tetapi tidak ada bukti spesifik yang mendukung.

Hal serupa dengan teh jahe yang dapat membantu mengatasi mual dan muntah. Tinjauan tahun 2015 di European Review for Medical and Pharmacological Sciences menemukan bahwa ekstrak jahe dapat berperan dalam menenangkan gejala mual. Tapi sekali lagi, peneliti tidak tahu apakah temuan ini berlaku untuk teh jahe.

Pakar kesehatan mengatakan, minum teh bukanlah obat ajaib untuk keluhan pencernaan. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengidentifikasi penyebab pencernaan bermasalah dan untuk menemukan rencana perawatan yang tepat.

Bukti menunjukkan rutin minum teh dapat mendukung kesehatan pencernaan dalam jangka panjang. Satu studi tahun 2012 di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan orang yang minum teh tiga kali seminggu selama lebih dari enam bulan, lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker di saluran pencernaan, dibandingkan dengan bukan peminum teh.

Namun tingkat bukti bervariasi tergantung pada pilihan minuman. Studi menunjukkan flavonoid dalam teh hitam dan hijau memiliki sifat antioksidan yang dapat menenangkan saluran pencernaan dan dapat mengurangi risiko kanker lambung dan esofagus.

Tinjauan sistematis tahun 2019 dalam jurnal Nutrients juga menunjukkan teh hitam, hijau, dan oolong dapat mengubah keseimbangan mikrobioma usus dengan mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian mengenai ini.

"Beberapa penelitian menunjukkan teh hitam, hijau, atau oolong dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan. Ini bisa jadi karena kemampuannya untuk meningkatkan kadar bakteri menguntungkan di usus manusia," kata Farrell Allen.

Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan teh ke menu harian, terutama karena varietas tertentu dapat berinteraksi dengan obat.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA: 30 Soal Matematika SMP 2026, Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan
Ikuti Kuisnya ➔
15 Soal Simulasi TWK Paskibraka 2026
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi: 25 Soal UTBK SNBT 2026 dan Kunci Jawabannya
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kepribadian Kamu Mirip Kue Lebaran Apa, Sih?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Love Language 2026: Kenali Bahasa Cintamu agar Hubungan Makin Klik dan Minim Drama!
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: THR Kamu Cocok Buat Beli HP Apa? Cek Rekomendasinya
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Dipoligami Hingga 3 Kali Cerai, Begini Kabar Terbaru Teh Ninih Mantan Istri Aa Gym

Dipoligami Hingga 3 Kali Cerai, Begini Kabar Terbaru Teh Ninih Mantan Istri Aa Gym

Your Say | Sabtu, 07 Januari 2023 | 18:27 WIB

Hoshinya Bali, Liburan di Tepi Sungai Pakerisan Sambil Belajar Buat Teh Matcha

Hoshinya Bali, Liburan di Tepi Sungai Pakerisan Sambil Belajar Buat Teh Matcha

Press Release | Jum'at, 30 Desember 2022 | 12:00 WIB

5 Destinasi Wisata Terbaik di Provinsi Bengkulu, Salah Satunya Danau Mas Harun Bastari

5 Destinasi Wisata Terbaik di Provinsi Bengkulu, Salah Satunya Danau Mas Harun Bastari

Your Say | Rabu, 21 Desember 2022 | 20:13 WIB

Terkini

Viral Siswi SD Menangis Akibat Listrik Padam Saat OSN, Disdik Sukabumi Minta Ujian Diulang

Viral Siswi SD Menangis Akibat Listrik Padam Saat OSN, Disdik Sukabumi Minta Ujian Diulang

Jabar | Minggu, 14 Juni 2026 | 23:09 WIB

6 Fakta Terbaru Pemeriksaan Wabup Syafrudin, Kasus Korupsi Tunjangan DPRD Indramayu

6 Fakta Terbaru Pemeriksaan Wabup Syafrudin, Kasus Korupsi Tunjangan DPRD Indramayu

Jabar | Minggu, 14 Juni 2026 | 23:02 WIB

BEM USU Gelar Demo di DPRD Sumut Besok, Usung 6 Tuntutan

BEM USU Gelar Demo di DPRD Sumut Besok, Usung 6 Tuntutan

Sumut | Minggu, 14 Juni 2026 | 22:56 WIB

Mampukah CFD Ampera Menjadi Malioboro Mingguan Palembang?

Mampukah CFD Ampera Menjadi Malioboro Mingguan Palembang?

Sumsel | Minggu, 14 Juni 2026 | 22:55 WIB

Kejati Jabar Segera Layangkan Panggilan Kedua untuk Wabup Indramayu Syafrudin

Kejati Jabar Segera Layangkan Panggilan Kedua untuk Wabup Indramayu Syafrudin

Jabar | Minggu, 14 Juni 2026 | 22:46 WIB

Hasil PCMB Tidak Sesuai? Begini Cara Dialihkan ke Sekolah Swasta atau SPMB Tahap 2

Hasil PCMB Tidak Sesuai? Begini Cara Dialihkan ke Sekolah Swasta atau SPMB Tahap 2

Jabar | Minggu, 14 Juni 2026 | 22:37 WIB

Takut Diamuk Massa, Alasan Sopir Truk Fuso Kabur Usai Tabrak Lari Tokoh Pramuka

Takut Diamuk Massa, Alasan Sopir Truk Fuso Kabur Usai Tabrak Lari Tokoh Pramuka

Banten | Minggu, 14 Juni 2026 | 22:29 WIB

137 Kali Karhutla, 305 Hektare Lahan Sudah Hangus, Ancaman Asap Kembali Mengintai Sumsel?

137 Kali Karhutla, 305 Hektare Lahan Sudah Hangus, Ancaman Asap Kembali Mengintai Sumsel?

Sumsel | Minggu, 14 Juni 2026 | 22:24 WIB

Kebakaran Akibat Lilin Pengusir Lalat, Begini Kondisi Rumah Anisa Rahma setelah Sebulan Berlalu

Kebakaran Akibat Lilin Pengusir Lalat, Begini Kondisi Rumah Anisa Rahma setelah Sebulan Berlalu

Entertainment | Minggu, 14 Juni 2026 | 22:11 WIB

Henri Curiga Kasus Roy Suryo Dikebut, Sebut Ada Upaya Cegah Ijazah Jokowi Diuji di Pengadilan

Henri Curiga Kasus Roy Suryo Dikebut, Sebut Ada Upaya Cegah Ijazah Jokowi Diuji di Pengadilan

News | Minggu, 14 Juni 2026 | 22:05 WIB