Kandidat Peraih Oscar Barkhad Abdi Kehabisan Uang

admin | Doddy Rosadi
Kandidat Peraih Oscar Barkhad Abdi Kehabisan Uang
Barkhad Abdi ketika tampil sebagai bajak laut dalam film Captain Phillips. (foto: Sony Pictures Entertainment)

Abdi mulai membaca sejumlah naskah agar bisa bermain film lagi

Suara.com - Nama Barkhad Abdi mulai dikenal dunia ketika tampil dalam film Captain Phillips. Bahkan, suara Abdi ketika mengucapkan “I’m the captain now” digunakan dalam cuplikan alias trailer film tersebut.

Penghargaan sudah diraihnya antara lain BAFTA dan juga nomine sebagai actor pendukung terbaik dalam Academy Award atau dikenal dengan nama Oscar. Namun, itu semua tidak memberi jaminan Abdi bisa meraih kehidupan yang lebih baik lagi.

Saat diminta tampil dalam film Captain Phillips, Abdi menerima honor 65 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp720 miliar. Akan tetapi, itu diberikan sekitar dua tahun lalu. Kini, Abdi mulai membaca sejumlah naskah untuk bisa bermain film lagi.

“Ketika Abdi berada di Los Angeles untuk mempromosikan filmnya, dia masih menerima per diem dan juga barang-barang di Beverly Hills, tempat studio menginapkannya. Mobil bisa digunakan hanya untuk keperluan publikasi film. Baju yang dipakainya juga pinjaman,” tulis salah satu artikel di New Yorker.

Belum lama ini, Abdi meminta kepada studio film agar diizinkan tinggal di komuter hotel dekat LAX sehingga dia bisa berdekatan dengan teman-temannya dari Somalia. Abdi mendapatkan tumpangan gratis selama di Minneapolis dari teman-temannya yang bekerja sebagai supir taksi.

Setelah acara penghargaan Oscar, Senin (3/3/2014) pagi WIB, Abdi berencana untuk pindah ke Los Angeles dan tinggal bersama rekan kerjanya di Captain Phillips yaitu actor Faysal Ahmed. Meski masa depannya di industri film masih belum menentu, kehidupan Abdi saat ini jauh lebih baik dibandingkan ketika masih kanak-kanak.

Di usia 6 tahun, ibu kandung Abdi mengungsi dari Somalia ketika terjadi perang saudara. Mereka tinggal di Yaman sebelum akhirnya menetap di Minneapolis, tempat warga Somalia tinggal di Amerika Serikat. Abdi sempat bekerja di salah satu perusahaan limo saat melihat pengumuman tentang lowongan menjadi bajak laut Somalia di sebuah film.

Setelah lolos seleksi dan menyelesaikan pengambilan gambar, Abdi bekerja bersama kakaknya yang mengelola toko telepon genggam. Namun, dia memutuskan untuk berhenti bekerja ketika film Captain Phillips mulai diputar.

“Ketika film itu dirilis, review yang keluar antara baik atau buruk. Bagaimanapun juga, saya tidak bisa lagi bekerja di sana,” kata Abdi. (TheWrap)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS