Para Srikandi Calon Gubernur DKI Jakarta

Tomi Tresnady
Para Srikandi Calon Gubernur DKI Jakarta
Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan di kantor BNN, Jakarta Timur, Minggu (25/9/2016). [suara.com/Kurniawan Mas'ud)

Para istri calon gubernur juga akan sibuk kampanye.

Suara.com - Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta siap akan berlangsung pada bulan Februari 2017 mendatang. Tiga pasangan calon yang akan bertempur di arena Pilkada nanti, yaitu Ahok-Djarot, Agus-Silvy, dan Anies-Sandiaga.

Gaung kampanye mulai berjalan pada tanggal 26 Oktober mendatang, tentu saja kita tak hanya akan melihat sepak terjang para kandidat, para istri pun akan sibuk meyakinkan para pemilih agar mau memberikan suaranya kepada suami mereka.

Publik akan melihat bagaimana sepak terjang para istri calon gubernur, seperti Veronica Tan istri Ahok, Annisa Pohan istri Agus Harimurti Yudhoyono, dan Fery Farhati Ganis istri Anies Baswedan.

Berikut ulasan profil para istri calon gubernur yang dirangkum dari berbagai sumber:

Para Srikandi Calon Gubernur DKI Jakarta - 1

1. Veronica Tan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dikenal sosok yang galak terhadap orang-orang yang mau mengusik ketenteraman Jakarta.

Namun, di balik sosok galaknya itu ada yang meneduhkan. Siapa lagi kalau bukan Veronica Tan, istri Ahok yang dikenal cantik namun selalu tampil sederhana.

Veronica juga selalu jadi perhatian warga ketika berada di samping suaminya kala menjalankan tugas. Perempuan yang memiliki darah Tionghoa itu punya ketertarikan yang sama dengan Ahok soal kepedulian terhadap masyarakat kecil yang harus diangkat derajatnya.

Perempuan yang merupakan anak sulung dari tiga bersaudara ini merasakan jadi ibu pejabat pertama kali sejak Ahok terpilih jadi anggota DPRD Bangka Belitung, kemudian jadi Bupati Belitung Timur hingga sekarang menjadi perempuan nomor 1 di DKI Jakarta.

Ahok masuk gelandang politik Indonesia merupakan berkah dari keruntuhan rezim Soeharto yang sangat kecil kemungkinan masyarakat keturunan bisa menjadi pejabat.
Meskipun kaget pada awalnya pilihan Ahok menjadi pejabat publik, tapi Veronica akhirnya bisa menyesuaikan kegiatan politik sang suami.

Sama seperti warga keturunan Tionghoa pada umumnya di era Orde Baru, ia pernah mengalami jadi penduduk kelas dua di negeri ini. Salah satunya birokrasi suka mempersulit kepengurusan Kartu Tanda Penduduk bagi warga Tionghoa.

Ahok saat berusia 28 tahun menikahi Veronica saat itu berusia 19 tahun tanpa proses pacaran, pada bulan September 1997. Pernikahan mereka setahun sebelum Indonesia jatuh ke krisis ekonomi. Kini mereka telah dikaruniai tiga orang anak; Nicholas Sean, Nathania, dan Daud Albeenner.

Veronica mengenyam kuliah di Universitas Pelita Harapan, Jakarta, mengambil jurusan arsitektur. Dia mendapat didikan yang cukup ketat dari keluarga sehingga hidupnya lurus-lurus saja. Veronica juga seorang yang taat dengan agamanya.

Para Srikandi Calon Gubernur DKI Jakarta - 2 

2. Annisa Larasati Pohan

Annisa Larasati Pohan dilahirkan di Boston, Amerika Serikat, pada 34 tahun yang lalu. Ketika itu, ibunya Mulyaningsih mengikuti sang suami, Aulia Pohan, menyelesaikan pendidikan MA bidang Ekonomi Studi Pembangunan di Universitas Boston.

Annisa juga sempat tinggal di Tokyo saat mengikuti tugas sang ayah saat bertugas di kantor perwakilan Bank Indonesia di ibu kota Jepang itu.

Memiliki wajah cantik, Annisa pun mendapat peruntungan di dunia model setelah masuk finalis Gadis Sampul tahun 1997 dan terpilih jadi Gadis Sunsilk tahun 2001

Pemegang gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Padjajaran ini juga sempat bekerja jadi penyiar radio OZ Bandung dan dilirik oleh RCTI untuk membawakan acara di program bola Bundesliga.

Namun, karier jadi penyiar di radio OZ Bandung lah yang mempertemukan Annisa dengan Agus. Annisa menulis kenangan itu dalam sebuah buku karangannya berjudul Kisah Sukses Para Penyiar Favoritmu.

Dalam buku itu diceritakan perempuan berusia 34 tahun itu bertemu dengan putra Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu saat di kantor OZ. Mereka diperkenalkan oleh atasan Annisa, Aditya Djanaka.

Perkenalan itu berlanjut hingga akhirnya mereka berpacaran, menikah pada tanggal 8 Juli 2005 dan esoknya menggelar pernikahan mewah di Istana Bogor.

Setelah tiga tahun menikah atau tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2008, mereka dikaruniai putri pertama, Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Annisa kini jadi sorotan setelah suaminya resmi jadi calon gubernur DKI Jakarta untuk perionde 2017-2022.

Apalagi, Annisa digadang-gadang jadi juru bicara tim pemenangan pasangan Agus Yudhoyono-Silvyana Murni. Pasalnya, lawan berat mereka dari pasangan petahana Ahok-Djarot sudah mengusung juru bicara Sophia Latjuba.

Para Srikandi Calon Gubernur DKI Jakarta - 3

3. Fery Farhati Ganis

Ferry Farhati Ganis Selalu setia mendampingi suaminya, Anies Baswedan, yang memiliki kesibukan yang super sejak mereka menikah pada 22 Mei 1996.

Sama halnya dengan Anies, sosok Fery adalah perempuan yang telah menempuh pendidikan yang cemerlang. Dia salah satu alumnus Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Ibu yang telah melahirkan empat anak hasil pernikahannya dengan Anies, yakni; Mutiara Annisa, Mikail Azizi, Kaisar Hakam dan Ismail Hakim, itu juga telah mendapat gelar magister di parenting education dari Universitas Northern Illinois.

Meskipun Anies sudah lengser dari jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang cuma berusia 20 bulan di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo, kariernya tak redup.

Lelaki yang dikenal jujur dan peduli terhadap masyarakat tak mampu itu kini diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera untuk berlaga di Pilkada DKI Jakarta pada tahun 2017 mendatang.

Tentu saja, Fery juga harus mempersiapkan diri jika nantinya sang suami terpilih jadi Gubernur DKI Jakarta, dia akan turut jadi sibuk menjadi perempuan nomor 1 di Jakarta.

Menurutnya, Anies jika mendapat tawaran untuk berkontribusi terhadap masyarakat tak bisa ditolak. Fery merasa bersyukur suaminya selalu tekun menjalani apa yang diyakini benar meskipun banyak kritik menimpanya.

"Selama ini pilihan jalannya selalu mendaki, tapi ia yakini, dia melangkah karena yang dia lakukan benar, enggak peduli omongan orang," ucap orang.

BERITA MENARIK LAINNYA: 

Jaksa Cecar Misteri Hilangnya Celana Robek, Ini Jawaban Jessica

Biadab, Bayi 1 Tahun Dimutilasi Ibu Kandungnya Sendiri

Ini Pengakuan Pengikut Dimas Kanjeng yang Sulit Dinalar

Tak Direstui Keluarga, Ini Alasan Asty Ananta Tetap Nikah di Bali

Inilah Pekerjaan Mario Teguh Sebelum Menjadi Motivator Terkenal

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS