WNA Tersangka Kasus Narkoba, Claudio Martinez Bakal Dideportasi?

Fajarina Nurin | Sumarni
WNA Tersangka Kasus Narkoba, Claudio Martinez Bakal Dideportasi?
Claudio Martinez (Instagram)

Bagaimana nasib status kependudukan Claudio Martinez di Indonesia?

Suara.com - Pesinetron Claudio Martinez rupanya masih berstatus sebagai warga negara asing (WNA) saat ditangkap aparat kepolisian atas penyalahguaan narkoba pada Rabu (7/11/2018) dini hari.

Lantas, apakah Claudio Martinez akan dideportasi dari Indonesia?

"Kalau untuk masalah itu bisa ditanyakan langsung ke imigrasi ya," terang AKBP Erick Frendriz, Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat, Jumat (9/11/2018).

Namun, menurut Erick Frendriz, setiap WNA yang bermasalah biasanya akan diproses hukum lebih dulu. Baru setelahnya dilakukan deportasi.

"Tapi biasanya kita tetap hukum dulu. Setelah hukuman biasanya nanti imigrasi apakah akan dideportasi atau gimana itu tergantung imigrasi, bukan domain saya. Kalau itu tapi di kita proses hukum jalan dulu," ucap Erick Frendriz.

Claudio Martinez memakai baju tahanan berwarna hijau. (Sumarni/Suara.com)
Claudio Martinez memakai baju tahanan berwarna hijau. (Sumarni/Suara.com)

Claudio Martinez sendiri cuma mendapat izin tinggal di Indonesia sampai tahun 2022.

"Yang bersangkutan ini saat ini masih warga negara asing yang sudah memiliki KITAP atau kartu izin tinggal tetap yang berlaku sampai bulan Maret 2022," tutur Erick Frendriz.

Sekadar diketahui, lelaki asal Chile itu diamankan aparat di kediamannya yang berlokasi di kawasan Pondok Kukusan Permai, Depok, Jawa Barat.

Dari penangkapan itu ditemukan barang bukti berupa ganja dengan berat brutto 7,96 gram. Lelaki 38 tahun ini beralasan mengonsumsi ganja lantaran ada masalah keluarga.

Karena itu, Claudio Martinez dikenai Pasal 114 ayat (1) sub Pasal 111 ayat (1) Undang Undang RI no. 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dia terancam menjalani hukuman penjara minimal empat tahun penjara.

Nama Claudio Martinez sendiri melambung usai membintangi sinetron Tendangan Si Madun. Sebelumnya, dia mengawali karier sebagai kiper di tim sepak bola PPSM Sakti Magelang dan Persigo.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS