Hanung Bramantyo Anggap Presiden Jokowi Cocok Jadi Darsam di Bumi Manusia

Ferry Noviandi
Hanung Bramantyo Anggap Presiden Jokowi Cocok Jadi Darsam di Bumi Manusia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan paket sembako kepada warga di depan Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat. (Suara.com/Rambiga)

Presiden Jokowi adalah salah seorang penggemar novel karya Pramoedya Ananta Toer.

Suara.com - Ada kabar kalau Presiden Joko Widodo alias Jokowi tertarik untuk memerankan tokoh Darsam, dalam film Bumi Manusia. Hanung Bramantyo sebagai sutradara pun gembira mendengar kabar tersebut.

Karena seperti diketahui, Presiden Jokowi adalah orang yang mengagumi karya-karya Pramoedya Ananta Toer. Bahkan dalam akun Facebook resmi miliknya, Presiden ke 7 Indonesia ini pernah mengutip kata-kata Pram.

"Dalam hidup kita, cuma satu yang kita punya, yaitu keberanian. Kalau tidak punya itu, lantas apa harga hidup kita ini," tulis Presiden Jokowi.

Hanung Bramantyo sendiri melihat sosok Darsam sangat cocok untuk Presiden Jokowi. Meski berperawakan kurus, namun Jokowi memiliki karakter yang kuat dan tegas.

"Kalau boleh membayangkan Pak Jokowi jadi Darsam itu cocok. Hati-hati ya, Pak Jokowi itu kelihatanya lemah, tapi beliau itu cukup kuat, keras pendiariannya, kalau sudah A ya A. Makanya cocok jadi Darsam yang bisa begitu. Tinggal nambahi kumis," ujar Hungung Bramantyo.

Tentang tulisan Jokowi yang menyampaikan kepada dirinya ingin menjadi Darsam, adalah sebuah dialog imajiner dari penulisnya.

Poster film Bumi Manusia [dok Falcon Pictures]
Poster film Bumi Manusia [dok Falcon Pictures]

"Itu adalah sebuah respons atas begitu besarnya novel Bumi Manusia. Sehingga membuat orang lain merasa terlibat, mengapresiasi dengan cara masinga-masing. Buat saya tulisan itu sangat lucu, sekaligus cerdas karena semacam ada dialog imajiner saya dengn Pak Jokowi," tutur Hanung.

Seperti diketahui, tokoh Darsam dalam novel Bumi Manusia adalah seorang jawara yang bekerja untuk Nyai Ontosoroh (diperankan Sha Ine Febiryanti), ibu dari Annelies Melema (Mawar de Jongh). Darsam yang pandai memainkan golok dan berkumis tebal itu dikenal setia kepada Nyai Ontosoroh.

Film Bumi Manusia sendiri rencananya akan dirilis pada 15 Agustus 2019. Film produksi Falcon Pictures ini juga turut dibintangi Iqbaal Ramadhan, Giorgino Abraham, Donny Damara, Ayu Laksmi dan lainnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS