Hindari PHK, Irfan Hakim Pekerjakan Tukang Bakso Jadi Editor Video

Ferry Noviandi | Herwanto
Hindari PHK, Irfan Hakim Pekerjakan Tukang Bakso Jadi Editor Video
Irfan Hakim bersama monyet peliharaannya yang diberi nama Candy Laura. [Yuliani/Suara.com]

Irfan Hakim punya bisnis bakso dan masih aktif dengan konten YouTube-nya.

Suara.com - Irfan Hakim mengaku tak tega untuk merumahkan sejumlah karyawannya, yang bekerja di bisnis bakso miliknya. Ayah lima anak ini lebih memiliki cara lain agar para karyawannya tetap bekerja dimasa pandemi virus corona (Covid-19).

"Karyawan-karyawan yang di Jakarta dari bakso itu saya paling berat untuk memutus hubungan kerja. Jadi mereka sekarang saya karyakan," kata Irfan Hakim, saat ditemui di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurut Irfan Hakim, beberapa pekerja yang tadinya mengurus bakso kini dialihfungsikan untuk membantu memproduksi channel YouTue miliknya, DeHakims.

"YouTube saya alhamdulilah masih jalan. Karena kontennya juga kan binatang dan ada di rumah juga, ada teman-teman saya juga. Jadi tukang bakso sekarang sudah depan laptop," ujar Irfan Hakim.

Lelaki kelahiran Bandung, 15 Oktober 1975 itu menjelaskan saat ini para tukang bakso tersebut ia pekerjakan sebagai editor dan tim translate.

Irfan Hakim bersama istri dan anak-anaknya. [Instagram]
Irfan Hakim bersama istri dan anak-anaknya. [Instagram]

"Mereka masih kasih teks, terus Google Translate dari Indonesia ke bahasa Inggris gitu. Itu supaya mereka bisa berkarya walaupun di kondisi seperti ini," jelas Irfan Hakim.

"Jadi gue cari celah-celah siapapun yang harus bekerja, harus tetap bekerja. Maksudnya supaya tidak ada pemecatan sampai detik ini," tutur Irfan Hakim.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS