alexametrics

Profil Farida Pasha, Sosok Mak Lampir yang Melegenda Meninggal Dunia

Rifan Aditya
Profil Farida Pasha, Sosok Mak Lampir yang Melegenda Meninggal Dunia
Artis senor Farida Pasha (kiri) meninggal dunia karena sakit.(Instagram/@ifyalyssa)

Berikut profil Farida Pasha, perempuan di balik sosok Mak Lampir yang melegenda kini telah wafat.

Suara.com - Dunia hiburan Indonesia kembali harus kehilangan salah satu artis terbaiknya. Farida Pasha, sosok pemeran Mak Lampir meninggal dunia. Untuk mengenangnya, berikut profil Farida Pasha selengkapnya.

Pada hari ini, Minggu, 17 Januari 2021, artis senior Farida Pasha tutup usia. Artis yang populer berkat perannya yang brilian pada serial Misteri Gunung Merapi menghembuskan nafas terakhir pada usia 68 tahun.

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak akan pernah lupa tawa ikonik dari peran yang dibawakannya, yaitu Mak Lampir, yang sukses membuat bulu kuduk berdiri ketika didengarkan.

Biodata Farida Pasha

Baca Juga: Farida Pasha, Sang 'Mak Lampir' Fenomenal Itu Wafat

Lahir pada 21 Agustus 1952 di Tasikmalaya, Farida Pasha sudah meniti karier sejak usianya belia. Keluarganya juga turut meneruskan jejak karier yang sudah ditapakinya.

Terbukti nama anaknya, Gina Sonia, dan cucunya, Ify Alyssa, juga turut meramaikan dunia hiburan negeri ini. Tak heran jika melihat bakat dan performa dari mending Farida Pasha, nampaknya darah seni benar-benar diturunkan dengan baik.

Karier Farida Pasha, Melejit pada Usia 25 Tahun

Mengukir namanya sejak tahun 1977 dengan turut berperan di film Guna-Guna Istri Muda, Farida Pasha sukses memberikan kesan yang tidak terlupakan akan sosoknya. Film ini kemudian disusul dengan penampilan spektakuler yang ditampakkan pada Pembalasan Guna-Guna Istri Muda setahun setelahnya, yang juga dibintangi artis papan atas pada era itu (Roy Marten, Rina Hassim, Aedy Moward).

Kesuksesan Farida Pasha dalam membawakan peran di kedua film tersebut membuatnya dipercayai memegang peran utama pada film Nenek Gondrong yang bergenre mistik, dan Dukun Ilmu Hitam dengan genre serupa. Sejak saat itu, nama beliau tidak pernah absen dari dunia perfilman dan pertelevisian Indonesia.

Baca Juga: Farida Pasha Pemeran Mak Lampir Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Sinetron dan Film yang Dibintangi Farida Pasha

Jika ditelisik ke belakang, terdapat puluhan film dan sinetron yang turut menyertakannya dalam daftar pemeran utama. Sebut saja film seperti Fajar yang Kelabu di tahun 1981, kemudian Satria Bergitar pada tahun 1983 (Rhoma Irama), serta The Secret: Suster Ngesot Urban Legend yang ditayangkan pada tahun 2018 silam. Dari masa ke masa, nama Farida Pasha selalu diberikan kepercayaan untuk mengisi peran dalam banyak sekali tayangan di Indonesia.

Tentu yang tidak mungkin dilewatkan dalam daftar singkat film dan sinetron yang diperankannya adalah sekuel Misteri Gunung Merapi, yang sukses mengabadikan namanya di industri pertelevisian Indonesia. Farida Pasha sendiri juga turut berperan dalam sinetron Hidayah, Taubat, serta Rahasia Ilahi yang sempat ditayangkan di berbagai stasiun televisi di Indonesia.

Ucapan bela sungkawa senantiasa disampaikan untuk mengiringi kepergian mendiang Farida Pasha. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, dan arwah beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Demikian profil Farida Pasha, perempuan di balik sosok Mak Lampir yang melegenda kini telah wafat. 

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar