alexametrics

Resmi Cerai dari Bill Gates, Segini Jumlah Kekayaan Melinda Gates

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Rosiana Chozanah
Resmi Cerai dari Bill Gates, Segini Jumlah Kekayaan Melinda Gates
Kenangan kebersamaan Bill Gates dan Melinda Gates. [Instagram/melindafrenchgates]

Perceraian ini menjadi salah satu perpisahan miliader yang paling berdampak dalam sejarah.

Suara.com - Pengadilan King County, Washington, resmi menerima gugatan perceraian pendiri Microsoft, Bill Gates, dan Melinda French Gates, yang menandakan bahwa mereka sudah benar-benar bercerai, pada Senin (2/8/2021).

Pasangan yang sudah membangun rumah tangga selama 27 tahun ini mengajukan gugatan pada Mei lalu. Perjanjian perceraian mereka didasarkan pada kontrak perpisahan yang dirahasiakan.

Bill Gates merupakan orang terkaya keempat di dunia. Menurut Forbes, kekayaannya senilai 124 miliar USD (Rp 1,8 kuadriliun).

Fakta Perceraian Bill Gates dan Melinda Gates. (Instagram/melindafrenchgates)
Fakta Perceraian Bill Gates dan Melinda Gates. (Instagram/melindafrenchgates)

Jika pasangan ini membagi kekayaan mereka sama rata karena perceraian ini, total aset Melinda adalah 65,25 miliar USD atau Rp 934,6 triliun.

Baca Juga: Setelah 27 Tahun Menikah, Bill Gates dan Melinda Gates Resmi Bercerai

Berdasarkan Town and Country Magazine, Bill dan Melinda sudah mulai membagi kekayaan mereka.

Pada hari pengumuman perceraian, perusahaan investasi yang diawasi Bill Gates, Cascade Investment, sudah mentransfer hampir 2,4 miliar USD (Rp 34,3 triliun) ke Melinda Gates.

Profil Melinda Gates, mantan istri Bill Gates (instagram/melindafrenchgates)
Profil Melinda Gates, mantan istri Bill Gates (instagram/melindafrenchgates)

Namun, belum jelas bagaimana Gates akan membagi sisa kekayaan mereka. "Bill dan Melinda meminta pengadilan membagi aset mereka berdasarkan ketentuan kontrak pemisahan, tetapi rincian kontrak tidak diungkapkan. Pengarsipan tidak menyebutkan perjanjian pranikah, tetapi itu tidak berarti mereka tidak memilikinya," catat Forbes.

Baik negara bagian Washington, tempat Microsoft berada, dan California, tempat di mana rumah mereka berada, termasuk negara 'community property'.

Bill dan Melinda Gates. (Instagram @melindafrenchgates)
Bill dan Melinda Gates. (Instagram @melindafrenchgates)

Berarti, semua uang yang dihasilkan selama perkawinan dianggap dibagi dan sering dibagi rata dalam kasus perceraian.

Baca Juga: Tidak Hanya Bercerai, Melinda Gates Berencana Tinggalkan Yayasan?

Tetapi hukum di Washington menyebutkan bahwa para pihak dapat setuju dalam membagi aset mereka secara 'adil dan merata', yang hasil penyelesaiannya tidak harus 50/50.

"Keluarga Gates juga perlu memilah-milah nasib portofolio real estat senilai $166 juta (Rp 2,3 triliun), koleksi seni senilai $130 juta (Rp 1,8 triliun), dan kepemilikan saham multi-miliar dolar," menurut CNBC.

Terlepas dari hal itu, perceraian ini menjadi salah satu perpisahan miliader yang paling berdampak dalam sejarah. Melinda dapat menerima lebih dari MacKenzie Scott, mantan istri Jeff Bezos, yang menerima sekitar 35 miliar USD (Rp 500,9 triliun) saat cerai.

Komentar