alexametrics

Arawinda Kirana Alami Diskriminasi Karena Warna Kulit

Rena Pangesti
Arawinda Kirana Alami Diskriminasi Karena Warna Kulit
Aktris Prilly Latuconsina saat menghadiri gelaran Festival Film Indonesia di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Sebagai perempuan, saya tidak memasuki standar kecantikan template di Indonesia," kata Arawinda Kirana.

Suara.com - Sukses sabet Piala FFI untuk film Yuni, siapa yang menyangka Arawinda Kirana pernah mendapat diskriminasi. Itu terjadi karena standar kecantikan.

Arawinda Kirana yang memiliki kulit sawo matang, dianggap beda oleh segelintir orang. Sebab stereotip cantik adalah kulit putih, kebarat-baratan.

"Sementara saya kulitnya gelap, sawo matang, lalu rambut saya keriting," kata Arawinda Kirana di Epicentrum, Jakarta Selatan pada Senin (6/12/2021).

Arawinda Kirana [Rena Pangesti/Suara.com]
Arawinda Kirana [Rena Pangesti/Suara.com]

"Sebagai perempuan, saya tidak memasuki standar kecantikan template di Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: Beradegan Panas dengan Kevin Ardilova di Film Yuni, Arawinda Kirana Minta Izin Orangtua

Cap cantik dengan standar itu yang membuat Arawinda Kirana sempat mengalami fase kesulitan dalam hidup. Suaranya bahkan tidak didengar dan cenderung mendapat cemooh.

"Itu yang membuat hidup saya naik turun," tuturnya.

Film Yuni. [Instagram/fourcoloursfilms]
Film Yuni. [Instagram/fourcoloursfilms]

Diskriminasi lain datang, bahkan dari guru Arawinda Kirana. Artis 20 tahun ini mengenang bagaimana ia dicibir setelah membuat karya.

"Pas kelas 3 saya menyutradarai musikal di sekolah tapi saya dibully sama guru. Suara saya tidak didengar dan hanya murid-muridnya yang mau dengar (curhat)," katanya.

Berkaca pada masa lalunya ini, Arawinda Kirana tidak mau perempuan Indonesia mendapat diskriminasi. Entah apapun alasannya mulai dari warna kulit ataupun pilihannya.

Baca Juga: Calon Nominasi Oscar, Film Yuni Terinspirasi dari Kisah ART

Lewat film Yuni, Arawinda Kirana ingin perempuan bebas menyuarakan apapun pilihan. Tanpa diskriminasi atau cemooh dari orang lain.

Film Yuni. [IMDb]
Film Yuni. [IMDb]

"Aku yakin semua orang pernah merasakan suaranya tidak terdengar," tuturnya.

Yuni (Arawinda Kirana) mengisahkan gadis SMA yang tinggal di Serang, Banten. Ia dihadapkan pada sejumlah lamaran, padahal usianya masih belia dan masih ada mimpi yang ingin diwujudkan.

Saat hendak menolak, ia bertabrakan dengan mitos. Jika menolak lamaran akan jauh dari jodoh.

Dalam masa pencarian jati diri, Yuni mencoba sejumlah hal. Termasuk melakoni adegan panas dengan lawan mainnya Yoga (Kevin Ardilova)

Rencananya film Yuni siap tayang di bioskop mulai 9 Desember 2021.

Komentar