facebook

Deretan Film Horor Hits Indonesia, Pecahkan Rekor hingga Go Internasional!

Agatha Vidya Nariswari
Deretan Film Horor Hits Indonesia, Pecahkan Rekor hingga Go Internasional!
Film KKN di Desa Penari (IMDb)

Produksi film karya Indonesia kini semakin berkembang.

Suara.com - Perkembangan dunia perfilman di Indonesia semakin maju dan terdepan. Lewat berbagai macam kreativitas dan ide yang dikembangkan oleh para production house membuat karya anak bangsa mulai diperhitungkan. Tak hanya soal pendalaman peran, faktor lain seperti alur cerita, animasi, serta promosi film besar-besaran serta keterlibatan tokoh penting membuat nama Indonesia mulai dilirik oleh production house ternama dunia. 

Baru baru ini, film berjudul Penyalin Cahaya yang diperankan oleh Shenina Cinnamon dkk. berhasil masuk nominasi Busan International Film Festival (BIFF) 2021. Bukan hanya film bergenre drama thriller saja, beberapa film seperti genre horror karya anak bangsa bahkan pernah pecahkan rekor hingga go internasional.

Apa saja film-film horror tersebut? Simak penjelasannya berikut.

1. Rumah Dara (2009)

Baca Juga: Curhat Pemeran Hantu Film KKN di Desa Penari, Dibayar Rp 75 Ribu hingga Tak Boleh Hapus Make Up 24 Jam

Film horor Indonesia berjudul Rumah Dara yang rilis pada tahun 2009 lalu ini sempat menjadi jajaran film hits di jamannya. Film yang menceritakan tentang sekelompok anak muda yang terjebak di suatu rumah dari pembunuh misterius bernama Dara ini berhasil memenangkan banyak penghargaan film di Amerika Serikat, seperti Audience Choice Award di Freakshow Film Festival of Orlando, Florida, NYC Horror Film Festival dan Film Pendek Internasional Terbaik di International Horror and Sci Fi Film Festival of Phoenix, Arizona pada tahun 2009 lalu.

2. Danur (2017)

Film Danur yang diperankan oleh Prilly Latuconsina ini berhasil mendobrak pasar internasional dan berhasil tayang di Malaysia dan Brunei Darussalam. Danur sendiri diangkat dari buku karya Risa Saraswati yang menceritakan pengalaman dirinya sebagai gadis indigo. Pendalaman peran Prilly Latuconsina sebagai Risa di film tersebut berhasil membius para penonton dan menjadi salah satu film horror terlaris pada tahun 2017 lalu.

3. Makmum (2019)

Film Makmum karya sutradara Guntur Soeharjanto ini juga menjadi salah satu jajaran film horror hits sepanjang sejarah. Titi Kamal yang didaulat menjadi pemeran utama di film ini menceritakan tentang dirinya yang berperan sebagai Rini dan baru tinggal di sebuah asrama yang terkenal angker. Sosok gaib yang sering disebut orang orang dengan Makmum tersebut pun mulai terusik dengan keberadaan Rini di asrama tersebut.

Baca Juga: Cerita Sewu Dino Disebut-sebut Lebih Horor dari KKN di Desa Penari, Benarkah?

4. KKN Di Desa Penari (2022)

Komentar