facebook

6 Film Indonesia Bertema Mental Health yang Wajib Ditonton: NKCTHI sampai Ku Kira Kau Rumah

Agatha Vidya Nariswari
6 Film Indonesia Bertema Mental Health yang Wajib Ditonton: NKCTHI sampai Ku Kira Kau Rumah
Poster film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). [Instagram]

Saat ini film bertema mental health mulai banyak berkembang seiring dengan meningkatnya kesadaran orang-orang di era saat ini mengenai kesehatan mental.

Film-film yang bertemakan mental health saat ini bukanlah menjadi konsep yang baru. Saat ini, genre-genre tersebut semakin luas daripada sebelumnya, seiring dengan meningkatnya kesadaran orang-orang di era saat ini mengenai kesehatan mental.

Di Indonesia sendiri, film yang mengangkat tema mengenai kesehatan mental mulai mengalami perkembangan belakangan ini. Para sineas film mencoba menyampaikan pesan-pesan positif terkait dengan kesehatan mental, dengan tetap memperhatikan fungsi film sebagai media hiburan.

Isu menta health sendiri hingga saat ini masih menjadi perbincangan yang hangat di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Hal tersebut karena masih minimnya edukasi dan sosialisasi kepada warga Tanah Air mengenai hal tersebut.

Oleh karenanya, para sineas film mencoba menyuarakan dan memberikan sosialisasi serta edukasi kepada para masyarakat yang dikemas dalam bentuk film.

Baca Juga: Salut! Harvey Tweats, Remaja Inggris yang Selamatkan Hewan Asli Eropa yang Hampir Punah

Lantas, apa saja film-film Indonesia yang memiliki tema mental health? Berikut 5 film bertema mental health yang diadaptasi dari novel dan banyak diminati.

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini (NKCTHI)

Poster film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). [Instagram]
Poster film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). [Instagram]

Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini atau yang lebih akrab disingkat NKCTHI ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang memiliki tiga orang anak. Masing-masing diberi nama Angkasa yang diperankan oleh Rio Dewanto, Aurora yang diperankan oleh Sheila Dara, dan Awan yang diperankan oleh Rachel Amanda.

Konflik bermula saat Awan, anak bungsu dalam keluarga tersebut mengenal dunia baru dan dekat dengan seorang laki-laki bernama Kale yang diperankan oleh Ardhito Pramono.

2. Posesif

Baca Juga: Sinopsis Film Barefoot Dream: Mimpi Anak-anak Timor Leste Juarai Turnamen Sepakbola

Pasangan ikonik dari film romantis Indonesia. (imdb)
Pasangan ikonik dari film romantis Indonesia. (imdb)

Posesif merupakan film garapan Edwin. Film ini merupakan hasil karya dari Gina S.Noer.

Film tersebut menceritakan tentang kisah cinta dua remaja SMA yang bernama Lala (Putri Marino) dan Yudhis (Adipati Dolken). Alih-alih merasakan kebahagiaan, keduanya malah terjebak dalam hubungan yang tidak sehat atau istilah zaman sekarang disebut dengan toxic relationship.

3. Dear Nathan: Thank You Salma

Film Dear Nathan: Thank You Salma (Instagram/rapifilm)
Film Dear Nathan: Thank You Salma (Instagram/rapifilm)

Film berjudul Thank You Salma ini merupakan sekuel ketiga dari trilogi Dear Nathan.

Film ini merupakan hasil adaptasi dari cerita Wattpad. Berkisah tentang cinta dua orang remaja bernama Nathan yang diperankan oleh Jefri Nichol dan Salma yang diperankan oleh Amanda Rawles.

Isu yang diangkat dalam film ini merupakan isu yang sangat krusial mengenai perempuan dan pelecehan seksual.

4. Ku Kira Kau Rumah

film Ku Kira Kau Rumah (Instagram/@sinemaku.pictures)
film Ku Kira Kau Rumah (Instagram/@sinemaku.pictures)

Film Kukira Kau Rumah merupakan film layar lebar yang ditulis dan disutradarai oleh Umay Shahab. Film tersebut diperankan oleh Prilly Latuconsina yang berperan sebagai Niskala.

Dikisahkan, Niskala merupakan seorang gadis yang memiliki gangguan bipolar. Pram yang diperankan oleh Jourdy Pranata merupakan laki-laki yang mengisi hari-harinya dengan musik.

Dikisahkan, Pram merupakan seorang anak laki-laki yang kesepian karena ayahnya meninggal dunia, dan ibunya merupakan seorang wanita karir yang sibuk. Hari-hari berubah ketika ia bertemu dengan Niskala yang mengisi hari-harinya. 

Namun, kondisi berubah karena Bipolar yang dialami oleh Niskala membuatnya harus terus terkurung di rumah karena orang tuanya.

5. My Idiot Brother

Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Agnes Davonar. Film ini mengisahkan seorang gadis bernama Angel yang berusia 15 tahun. Dalam film tersebut, Angel memiliki seorang kakak yang mempunyai keterbelakangan mental bernama Hendra (Ali Mensan).

Dalam sehari-harinya, Angel merasa malu memiliki dan mengakui Hendra sebagai kakaknya. Namun, meskipun merupakan seorang yang memiliki keterbelakangan mental, Hendra sangat menyayangi Angel.

6. Imperfect

Poster film Imperfect.
Poster film Imperfect.

Film ini sempat digandrungi oleh kalangan remaja. Film Imperfect ini diperankan oleh Jessica Mila yang memainkan peran sebagai Rara. Dalam film tersebut, diceritakan bahwa Rara memiliki kulit sawo matang dan tubuh yang gemuk

Rara memiliki adik yang diperankan oleh Yasmin Napper bernama Lulu. Berbeda dengan sang kakak, Lulu merupakan wanita cantik yang memiliki tubuh ideal. 

Dalam film tersebut, Rara kerap kali dibandingkan dengan adiknya tersebut mengenai hal fisik.

Meskipun begitu, Rara tidak peduli dengan hal tersebut. Beruntungnya, Rara memiliki pacar yang sangat suportif kepadanya bernama Dika yang diperankan oleh Reza Rahardian.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Komentar