Studi: Minum Kopi Dua Cangkir Sehari Kurangi Risiko Kanker Usus

Liberty Jemadu

Rabu, 09 April 2014 | 13:07 WIB
Studi: Minum Kopi Dua Cangkir Sehari Kurangi Risiko Kanker Usus
Ilustrasi (shutterstock)

Suara.com - Minum kopi satu atau dua cangkir sehari rupanya bisa mengurangi risiko kanker usus, demikian hasil sebuah penelitian dari ilmuwan di University of Southern California, Amerika serikat.

Penelitian itu meneliti pola konsumsi kopi dari 8500 orang di Israel. Sebanyak 5000 sukarelawan dalam penelitian itu menderita kanker usus dan 3500 lainnya tidak mengidap kanker. Para peneliti juga menemukan bahwa para sukarelawan dalam studi itu rata-rata minum kurang dari dua cangkir kopi setiap hari.

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi secara teratur lebih kecil risikonya, hingga 30 persen, terkena kanker usus, ketimbang mereka yang tidak pernah mengonsumsi kopi.

"Jumlah bukti yang kami temukan menunjukkan (bahwa konsumsi kopi kurangi risiko kanker usus)," kata Stephanie Stenzel, mahasiswi postdoktoral pada University of Southern California, yang menggelar penelitian tersebut.

Stenzel mempresentasikan temuannya itu dalam pertemuan tahunan American Association for Cancer Research di San Diego, AS, yang berlangsung dari 5 sampai 9 April.

Lebih jauh Stenzel menemukan bahwa, dibanding mereka yang minum kopi kurang dari secangkir sehari, konsumsi kopi dua cangkir sehari bisa mengurangi risiko kanker usus hingga 22 persen. Sementara minum dua cangkir atau dua setengah cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko kanker usus hingga 44 persen. Minum lebih dari dua setengah cangkir kopi bisa mengurangi risiko kanker usus hingga 59 persen.

Meski demikian Stenzel mengakui bahwa perlu ada studi lebih lanjut untuk mengetahui hubungan antara kopi dengan berkurangnya risiko kanker usus.

Tetapi para peneliti menduga kopi bisa mempercepat proses pencernaan makanan di usus. Cepatnya proses pencernaan membuat jaringan sel usus tidak terlalu lama terpapar agen-agen penyebab kanker. Dugaan lain mengatakan bahwa kopi bisa memengaruhi komposisi mikroba di usus sehinga membuat organ itu lebih kebal terhadap kanker. (LiveScience)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

5 Alasan Anda Harus Minum Kopi Setiap Hari

5 Alasan Anda Harus Minum Kopi Setiap Hari

Health | Minggu, 06 April 2014 | 18:21 WIB

Gunakan Obat Kumur Berlebihan Bisa Sebabkan Kanker

Gunakan Obat Kumur Berlebihan Bisa Sebabkan Kanker

Health | Sabtu, 05 April 2014 | 10:04 WIB

Minum Kopi Bisa Kurangi Risiko Kematian Akibat Sirosis Hati

Minum Kopi Bisa Kurangi Risiko Kematian Akibat Sirosis Hati

Health | Jum'at, 04 April 2014 | 09:03 WIB

Terjangkit Kanker Kulit, Risiko Kematian Lebih Besar pada Lelaki "Jomblo"

Terjangkit Kanker Kulit, Risiko Kematian Lebih Besar pada Lelaki "Jomblo"

Health | Kamis, 03 April 2014 | 20:45 WIB

Sajikan Kopi Berlambang Setan, Starbucks Minta Maaf

Sajikan Kopi Berlambang Setan, Starbucks Minta Maaf

Lifestyle | Rabu, 02 April 2014 | 20:58 WIB

Terkini

Puan Maharani Ungkap 4 Nama Calon Petinggi BI Pilihan Presiden

Puan Maharani Ungkap 4 Nama Calon Petinggi BI Pilihan Presiden

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:17 WIB

Kepala KUA Pulau Beringin Tewas Ditikam, Cekcok Berawal dari Jemuran Kopi

Kepala KUA Pulau Beringin Tewas Ditikam, Cekcok Berawal dari Jemuran Kopi

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:16 WIB

Jokowi Tantang dr Tifa, Kalau Yakin 100 Persen Ijazahnya Palsu: Buktikan di Persidangan!

Jokowi Tantang dr Tifa, Kalau Yakin 100 Persen Ijazahnya Palsu: Buktikan di Persidangan!

Surakarta | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:13 WIB

Cegah Kriminal, BRI Hadirkan Fitur Notifikasi Real-Time WhatsApp dan SMS di BRImo

Cegah Kriminal, BRI Hadirkan Fitur Notifikasi Real-Time WhatsApp dan SMS di BRImo

Bri | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:11 WIB

Singgung Soal Transaksi Rp 809 Miliar, Nadiem Makarim Optimistis Vonis 10 Tahun Bisa Dikoreksi

Singgung Soal Transaksi Rp 809 Miliar, Nadiem Makarim Optimistis Vonis 10 Tahun Bisa Dikoreksi

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:11 WIB

Makam Sutrimo Dibongkar, Polisi Dalami Kematian Eks Karumga Febrie Adriansyah

Makam Sutrimo Dibongkar, Polisi Dalami Kematian Eks Karumga Febrie Adriansyah

Foto | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:10 WIB

Hari UMKM Nasional, BRI Peduli Hadirkan Pendampingan dan Dukungan Usaha bagi UMKM Desa Brilian

Hari UMKM Nasional, BRI Peduli Hadirkan Pendampingan dan Dukungan Usaha bagi UMKM Desa Brilian

Jabar | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:09 WIB

Sampah Plastik Punya 'Kehidupan Kedua', Cerita di Aloha Diolah Menjadi Furnitur

Sampah Plastik Punya 'Kehidupan Kedua', Cerita di Aloha Diolah Menjadi Furnitur

Jabar | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:07 WIB

Perkuat Ekonomi Desa, BRI Peduli Dampingi UMKM melalui Program Desa Brilian

Perkuat Ekonomi Desa, BRI Peduli Dampingi UMKM melalui Program Desa Brilian

Surakarta | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:05 WIB

Jalur Sepeda Jakarta Mau Dievaluasi, Jangan Sampai Cuma Jadi Garis di Jalan

Jalur Sepeda Jakarta Mau Dievaluasi, Jangan Sampai Cuma Jadi Garis di Jalan

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 18:05 WIB

×