Teh Matcha 100 Kali Lebih Sehat dari Teh Hijau Biasa

Ririn Indriani
Teh Matcha 100 Kali Lebih Sehat dari Teh Hijau Biasa
Teh hijau matcha. (Sumber: Medic Magic)

Teh hijau matcha dipanen saat masih kuncup sehingga nutrisinya lebih banyak.

Suara.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa teh hijau mengandung banyak manfaat kesehatan.

Hal ini karena teh hijau mengandung banyak antioksidan dan asam amino di dalamnya. Meski begitu, ada jenis teh hijau yang lebih sehat daripada teh hijau biasa yaitu teh hijau matcha.

Matcha sendiri sebenarnya dalam bahasa Jepang artinya teh hijau. Namun, di luar Jepang, teh hijau matcha masuk dalam kategori sendiri.

Perbedaan antara teh hijau biasa dengan matcha teh hijau terletak pada saat panen. Teh hijau Matcha dipanen saat masih kuncup dan berkembang menjadi bentuk bubuk, bukan daun hijau seperti biasa.

Itu membuat matcha mengandung lebih banyak nutrisi dan mengandung 137 kali lebih banyak antioksidan dari teh hijau yang dipanen dengan cara biasa.

Tiga minggu sebelum panen, tanaman teh hijau ini akan tumbuh perlahan sehingga meningkatkan pertumbuhan asam amino di dalamnya.

Hal ini membuat matcha teh hijau terlihat lebih baik dari teh hijau biasa.

Salah satu antioksidan dalam matcha adalah katekin. Katekin dikenal untuk meningkatkan metabolisme, membakar lemak dengan cepat, dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Selain itu, catechin juga menurunkan risiko penyakit jantung.

Katekin dalam teh hijau yang dikenal untuk membunuh sel kanker bahkan sekalipun dalam dosis rendah. Teh hijau Matcha juga dapat mencegah kerusakan pada hati dan ginjal pada pasien diabetes. Zat yang disajikan dalam teh hijau matcha juga efektif untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, Matcha juga mengandung asam amino L-theanine. Protein ini membantu mencegah stres dan membuat pikiran menjadi tenang. Tidak hanya itu, asam amino ini juga mencegah penyakit degeneratif dan menekan aktivitas tumor.

Jika Anda terbiasa menikmati teh hijau, tak ada salahnya untuk mencoba teh hijau matcha yang mengandung lebih banyak antioksidan dan lebih sehat. (Health Daily Post)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS