Anak Kekurangan Vitamin D Berisiko Sakit Jantung Saat Dewasa

Ririn Indriani

Senin, 16 Februari 2015 | 15:10 WIB
Anak Kekurangan Vitamin D Berisiko Sakit Jantung Saat Dewasa
Ilustrasi. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah studi terkini menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D saat masa anak-anak dan remaja dapat meningkatkan risiko masalah jantung saat dewasa.

Dalam studi itu, para peneliti mengamati hubungan antara kekurangan vitamin D dan peningkatan ketebalan arteri, juga disebut peningkatan ketebalan karotid intima (IMT).

Mereka lalu menganalisa 2.148 orang partisipan dan mengukur tingkatan vitamin D mereka yang berusia tiga hingga 18 tahun. Menurut mereka, vitamin D optimalnya berada di angka 30 dan 50.

Para peneliti lalu memeriksa arteri para partisipan berusia 30 hingga 45 tahun.  Penebalan arteri dipercaya merupakan faktor risiko berkembangnya penyakit jantung.

"Hasil studi kami memperlihatkan hubungan antara level vitamin D di bawah angka 25 di masa kanak-kanak dan meningkatnya risiko aterosklerosis subklinis," kata penulis studi dari Universitas Turku di Finlandia, Markus Juonala.

Hubungan ini, lanjut dia, tergantung faktor risiko kardiovaskular termasuk tekanan darah, lipid cerium, merokok, diet, aktivitas fisik, obesitas dan status sosio-ekonomim.

Para peneliti mencatat, temuan studi hanya menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan ketebalan pembuluh arteri saat dewasa, bukan stroke dan risiko penyakit jantung. (Foxnews)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Studi: Kurang Paparan Sinar Matahari Tingkatkan Risiko Demensia

Studi: Kurang Paparan Sinar Matahari Tingkatkan Risiko Demensia

Health | Senin, 19 Januari 2015 | 21:06 WIB

Lansia Kekurangan Vitamin D Berisiko Demensia

Lansia Kekurangan Vitamin D Berisiko Demensia

Health | Kamis, 07 Agustus 2014 | 18:12 WIB

Studi: Kekurangan Vitamin D Berisiko Skizofrenia

Studi: Kekurangan Vitamin D Berisiko Skizofrenia

Health | Kamis, 24 Juli 2014 | 12:42 WIB

Bahaya Kekurangan Vitamin D

Bahaya Kekurangan Vitamin D

Health | Jum'at, 13 Juni 2014 | 16:42 WIB

Terkini

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:53 WIB

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Bogor | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:37 WIB

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Jabar | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:13 WIB

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:03 WIB

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:35 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:27 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:21 WIB

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Riau | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:47 WIB

×