8 Faktor Penyebab Kenapa Anda Selalu Merasa Lapar

Arsito Hidayatullah | Deni Yuliansari
8 Faktor Penyebab Kenapa Anda Selalu Merasa Lapar
Ilustrasi menyantap makanan. [Shutterstock]

Tidak habis berolahraga dan tak sedang hamil, tapi kenapa malah sering lapar?

Suara.com - Merasa selalu lapar akan terasa normal jika ada alasan di baliknya, seperti setelah melakukan olahraga berat, sedang mengalami masa PMS, atau hamil.

Sementara, jika Anda merasa lapar tanpa ada alasan jelas, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Seperti dilansir laman HealthMeUp, berikut adalah beberapa penyebab lain rasa lapar:

-Terlalu banyak mengonsumsi alkohol
Mengonsumsi alkohol terlalu banyak bisa meningkatkan kadar ghrelin, hormon yang bertanggungjawab dalam menimbulkan rasa lapar.

-Makan terlalu cepat
Ketika seseorang makan terlalu cepat, hormon leptin yang bertugas untuk memberikan sinyal kenyang tidak aktif. Penelitian menyebutkan bahwa semakin lama Anda mengunyah makanan, semakin lama pula Anda merasa kenyang.

-Kurang tidur
Saat seseorang tidak mendapat istirahat yang cukup, sulit bagi tubuh untuk memproduksi hormon leptin. Kurang tidur juga menyebabkan hormon ghrelin semakin tinggi.

-Tidak sarapan pagi
Efek tidak sarapan bisa berakibat buruk, karena bisa mengonsumsi makan lebih banyak lima kali lipat.

-Terlalu banyak nonton televisi
Penelitian menunjukkan bahwa menonton televisi lebih dari dua jam sehari, mendorong lebih mudah lapar dan obesitas. Seringnya makan sambil menonton televisi juga membuat orang mengonsumsi makanan tidak sehat.

-Stres
Ada beberapa orang yang mengalihkan stresnya dengan makanan. Pengalihan seperti ini membuat siklus makan seseorang menjadi tidak sehat.

-Dehidrasi
Banyak orang yang salah menangkap 'sinyal' dehidrasi sebagai lapar. Beberapa sinyal dehidrasi parah antara lain adalah lemas, mudah kesal, dan letih.

-Mengunyah permen
Ternyata mengunyah permen, bahkan permen non-sugar sekali pun, bisa membuat keinginan makan seseorang semakin besar. Saat mengunyah permen, ludah yang diproduksi akan tertelan. Ludah tersebut kemudian masuk ke dalam perut dan membuat tubuh mengantisipasi makanan. Ini membuat tubuh semakin lapar. [HealthMeUp]

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS