Studi: Jus Cranberry Menyehatkan Jantung

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Kamis, 15 Oktober 2015 | 06:47 WIB
Studi: Jus Cranberry Menyehatkan Jantung
Ilustrasi jus cranberry. (Shutterstock)

Suara.com - Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat (AS) yang menewaskan sekitar 610.000 orang setiap tahun. Mungkin angka-angka ini bisa menurun tiap tahunnya jika seseorang mengonsumsi jus Cranberry secara rutin.

Ya, menurut National Institutes of Health di Amerika, cranberry mengandung senyawa antioksidan yakni polifenol dalam jumlah tinggi. Dari semua antioksidan, polifenol dipercaya memiliki khasiat terbesar yang tak hanya membantu meningkatkan sistem sirkulasi, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi ginjal, pengiriman hormon dan pembuangan sisa metabolisme.

Sebagai pitonutrien, cranberry juga dapat menjaga kesehatan jantung.

"Jus Cranberry adalah sumber yang kaya fitonutrien," kata peneliti utama studi, Dr. Ana Rodriguez-Mateos, seorang profesor kardiologi di University of Dusseldorf di Jerman,

Untuk mendapatkan temuan ini, Rodriguez-Mateos dan timnya melibatkan 10 orang sehat berusia antara 18 sampai 40 tahun. Mereka diminta untuk minum setidaknya dua cangkir jus cranberry (450 mililiter).

Untuk mendeteksi perubahan, peneliti mengambil sampel darah dan urin responden pada awal studi. Temuan menunjukkan aliran darah yang lancar, tekanan darah yang normal selama 24 jam. Peneliti percaya bahwa hal ini dipengaruhi oleh konsumsi Cranberry sebelumnya.

"Manfaatnya dapat meningkatkan aliran darah sehingga menurunkan risiko aterosklerosis, penyakit yang terjadi akibat kumpulan plak dalam arteri," imbuh Mateoz.

Pada 2013, peneliti menemukan manfaat yang sama dengan saus cranberry, di mana saus dilaporkan dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi tertentu, mengurangi peradangan, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

"Berdasarkan temuan tersebut kami tertarik untuk memahami lebih lanjut bagaimana cara kerja polifenol sehingga dapat menjaga jantung dari risiko gangguan kesehatan," pungkasnya. (Medical Daily)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Jangan Keburu Parno! Ini Rahasia Membaca Angka Detak Jantung agar Tidak Gampang Panik

Jangan Keburu Parno! Ini Rahasia Membaca Angka Detak Jantung agar Tidak Gampang Panik

Your Say | Senin, 29 Juni 2026 | 13:01 WIB

7 Makanan untuk Mengatasi Jerawat, Konsumsi Rutin agar Wajah Kembali Sehat

7 Makanan untuk Mengatasi Jerawat, Konsumsi Rutin agar Wajah Kembali Sehat

Lifestyle | Senin, 22 Juni 2026 | 18:10 WIB

Master Antioksidan! 4 Serum Glutathione Bikin Wajah Glowing dan Kencang

Master Antioksidan! 4 Serum Glutathione Bikin Wajah Glowing dan Kencang

Your Say | Kamis, 21 Mei 2026 | 18:50 WIB

4 Serum Kandungan Kunyit Kaya Antioksidan, Rahasia Kulit Auto Cerah Merata

4 Serum Kandungan Kunyit Kaya Antioksidan, Rahasia Kulit Auto Cerah Merata

Your Say | Kamis, 14 Mei 2026 | 20:15 WIB

4 Masker Black Tea Kaya Antioksidan untuk Hempas Kerutan dan Kulit Kusam

4 Masker Black Tea Kaya Antioksidan untuk Hempas Kerutan dan Kulit Kusam

Your Say | Senin, 11 Mei 2026 | 14:25 WIB

4 Pelembab Pomegranate Kaya Antioksidan untuk Kulit Glowing dan Kencang

4 Pelembab Pomegranate Kaya Antioksidan untuk Kulit Glowing dan Kencang

Your Say | Sabtu, 28 Februari 2026 | 08:15 WIB

Ini Dia Drive Thru Kafe Jus Buah Pertama di Indonesia yang Bikin Sehat Makin Praktis

Ini Dia Drive Thru Kafe Jus Buah Pertama di Indonesia yang Bikin Sehat Makin Praktis

Lifestyle | Jum'at, 13 Februari 2026 | 17:02 WIB

Melaney Ricardo Bagikan Rahasia Jaga Kulit Tetap Sehat di Tengah Hidup Super Sibuk

Melaney Ricardo Bagikan Rahasia Jaga Kulit Tetap Sehat di Tengah Hidup Super Sibuk

Lifestyle | Kamis, 12 Februari 2026 | 22:39 WIB

4 Serum Resveratrol Kaya Antioksidan Atasi Dark Spot dan Kerutan di Wajah

4 Serum Resveratrol Kaya Antioksidan Atasi Dark Spot dan Kerutan di Wajah

Your Say | Kamis, 08 Januari 2026 | 17:42 WIB

4 Blender Portable Mini untuk Bikin Jus Buah bagi Pekerja Kantoran, Praktis dan Cepat

4 Blender Portable Mini untuk Bikin Jus Buah bagi Pekerja Kantoran, Praktis dan Cepat

Lifestyle | Kamis, 08 Januari 2026 | 10:02 WIB

Terkini

Mensesneg Nyatakan Kesiagaan Penuh Pascagempa Bumi NTT

Mensesneg Nyatakan Kesiagaan Penuh Pascagempa Bumi NTT

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:14 WIB

Basarnas Evakuasi 3 Korban Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Bumi NTT di Maumere

Basarnas Evakuasi 3 Korban Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Bumi NTT di Maumere

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:02 WIB

Bukannya Jarah Isi Rumah, Pria di Bandar Lampung Ini Malah Angkut Pagar Milik Warga

Bukannya Jarah Isi Rumah, Pria di Bandar Lampung Ini Malah Angkut Pagar Milik Warga

Lampung | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:02 WIB

Chiikawa The Movie Sukses Raup 6 Miliar Yen, Tayang di Indonesia 28 Agustus

Chiikawa The Movie Sukses Raup 6 Miliar Yen, Tayang di Indonesia 28 Agustus

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:00 WIB

HUT ke-81 RI dan Merdeka dari FOMO: Saatnya Berhenti Mengikuti Semua Tren!

HUT ke-81 RI dan Merdeka dari FOMO: Saatnya Berhenti Mengikuti Semua Tren!

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:56 WIB

Muhammad Kiandra Ramadhipa Berbagi Inspirasi di Purwokerto Jelang AHDC 2026

Muhammad Kiandra Ramadhipa Berbagi Inspirasi di Purwokerto Jelang AHDC 2026

Otomotif | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:54 WIB

Peringatan Dini Tsunami Gempa Bumi NTT M 7,7 Dicabut

Peringatan Dini Tsunami Gempa Bumi NTT M 7,7 Dicabut

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:53 WIB

Legislator PDIP Tantang Calon Hakim Agung Bereskan Kasus Terbengkalai dan Pangkas Birokrasi MA

Legislator PDIP Tantang Calon Hakim Agung Bereskan Kasus Terbengkalai dan Pangkas Birokrasi MA

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:49 WIB

2 Orang Meninggal usai Gempa Bumi NTT di Pelabuhan El Say Sikka

2 Orang Meninggal usai Gempa Bumi NTT di Pelabuhan El Say Sikka

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:46 WIB

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:40 WIB

×