Studi: Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker payudara

Ririn Indriani, Dinda Rachmawati

Senin, 28 Desember 2015 | 12:50 WIB
Studi: Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker payudara
Ilustrasi. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah studi baru-baru ini mengklaim bahwa alkohol dan kanker payudara ternyata memiliki keterkaitan. Bahkan, perempuan perlu menyadari bahwa mengonsumsi alkohol secara signifikan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Penelitian ini mengklaim bahwa berhenti dari kebiasaan mengonsumsi alkohol menjaga berat badan untuk tetap sehat secara signifikan juga dapat mengurangi risiko menderita kanker payudara.

Dalam studi ini, para ilmuwan menganalisis lebih dari 200 perempuan. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang menderita gejala kanker payudara. Hampir, 50 persen dari peserta menyatakan bahwa mereka tidak pernah tahu bahwa berhenti dari kebiasaan meminum alkohol dapat membantu meminimalkan risiko.

Aspek lain yang mengejutkan adalah bahwa hampir sepertiga dari peserta bahkan tidak pernah tahu bahwa obesitas juga bisa memaksimalkan risiko kanker payudara.

Fakta mengejutkan lainnya adalah bahwa sebagian besar perempuan yang berpartisipasi dalam survei tidak menyadari kandungan alkohol dalam segelas anggur atau bir.

Tapi mereka mengakui bahwa mereka sering meminumnya. Bahkan, jumlah perempuan yang memiliki alkohol sebagai bagian dari kehidupan mereka, secara drastis meningkat selama beberapa tahun terakhir dan ini benar-benar fakta yang mengkhawatirkan. (Boldsky)

Para peneliti pun memutuskan untuk menyebarkan kesadaran di kalangan perempuan tentang risiko peningkatan kanker payudara karena alkohol. Bukan hanya pada perempuan, alkohol dapat merugikan siapapun dan dapat menjadi 'pembunuh' lebih cepat daripada hal lain.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Studi: Konsumsi Alkohol Bisa Perpanjang Umur Penderita Alzheimer

Studi: Konsumsi Alkohol Bisa Perpanjang Umur Penderita Alzheimer

Health | Minggu, 13 Desember 2015 | 10:44 WIB

Studi: Tiga Gelas Sampanye Sehari Bisa Cegah Alzheimer

Studi: Tiga Gelas Sampanye Sehari Bisa Cegah Alzheimer

Health | Senin, 09 November 2015 | 09:41 WIB

Alkohol Bisa Bikin Keperkasaan Lelaki Lebih Greng?

Alkohol Bisa Bikin Keperkasaan Lelaki Lebih Greng?

Health | Sabtu, 31 Oktober 2015 | 06:25 WIB

Ingin Kulit Sehat dan Cantik? Batasi Ini

Ingin Kulit Sehat dan Cantik? Batasi Ini

Lifestyle | Jum'at, 18 September 2015 | 21:01 WIB

Terkini

Dorong Purnabakti Berwirausaha, BRI Hadirkan Kemudahan Pembiayaan Toko Mandiri Indogrosir

Dorong Purnabakti Berwirausaha, BRI Hadirkan Kemudahan Pembiayaan Toko Mandiri Indogrosir

Bri | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:56 WIB

Buka Rekening BRI di Summarecon Bekasi, Nikmati Cashback Spesial BRImo!

Buka Rekening BRI di Summarecon Bekasi, Nikmati Cashback Spesial BRImo!

Bri | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:49 WIB

200 Truk Kontainer di Tanjung Priok Diuji Emisi Demi Kejar Udara Bersih Pelabuhan

200 Truk Kontainer di Tanjung Priok Diuji Emisi Demi Kejar Udara Bersih Pelabuhan

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:41 WIB

Andrie Yunus Alami Kecemasan Berat, KontraS Ungkap Kondisi Terkini

Andrie Yunus Alami Kecemasan Berat, KontraS Ungkap Kondisi Terkini

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:35 WIB

3 Juta KK Sudah Masuk Perlinsos Digital, Pemerintah Uji Sistem di 43 Daerah

3 Juta KK Sudah Masuk Perlinsos Digital, Pemerintah Uji Sistem di 43 Daerah

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:33 WIB

Jepang-Rusia Memanas! Kunjungan Putin dengan Kapal Perang ke Kuril Bikin Tokyo Murka

Jepang-Rusia Memanas! Kunjungan Putin dengan Kapal Perang ke Kuril Bikin Tokyo Murka

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:31 WIB

Pergi Jauh, Tanah Air Tetap Jadi Rumah: Kisah Diaspora Memaknai Indonesia

Pergi Jauh, Tanah Air Tetap Jadi Rumah: Kisah Diaspora Memaknai Indonesia

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:25 WIB

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

Health | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:09 WIB

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:00 WIB

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:55 WIB

×