Studi: Asupan Gula Berlebihan Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Selasa, 05 Januari 2016 | 15:36 WIB
Studi: Asupan Gula Berlebihan Tingkatkan Risiko Kanker Payudara
Ilustrasi. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah studi terkini yang dilakukan peneliti dari University of Texas, MD Anderson Cancer Center, menyebut bahwa berlebihan mengonsumsi gula pasir dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Penelitian yang dilakukan terhadap tikus ini menunjukkan bahwa asupan gula dalam jumlah besar meningkatkan risiko pertumbuhan tumor payudara.

"Studi ini menemukan bahwa pada usia enam bulan, 58-60 persen tikus yang diberi asupan sukrosa mengembangkan tumor payudara," ujar peneliti, Prof Peiying Yang.
 
Tak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa tikus yang mendapatkan asupan sukrosa lebih mungkin mengalami penyebaran kanker hingga ke bagian paru-paru.

Peneliti pun mengingatkan agar masyarakat membatasi konsumsi gula dari makanan dan minuman berperisa manis untuk terhindar dari risiko mengidap kanker payudara di kemudian hari.

Di Amerika Serikat, peningkatan konsumsi minuman manis berkontribusi terhadap kenaikan jumlah kasus obesitas, penyakit jantung dan kanker. (Foxnews)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Jangan Makan Ini Dulu Bila Sedang Jerawatan

Jangan Makan Ini Dulu Bila Sedang Jerawatan

Health | Sabtu, 02 Januari 2016 | 13:52 WIB

Studi: Minuman Bebas Gula Bisa Merusak Gigi

Studi: Minuman Bebas Gula Bisa Merusak Gigi

Health | Selasa, 01 Desember 2015 | 12:18 WIB

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Pasir (2)

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Pasir (2)

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2015 | 13:55 WIB

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Pasir (1)

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Pasir (1)

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2015 | 18:16 WIB

Terkini

Sederet Kritik soal Proyek Utopis Bahasa Asing Prabowo Sejak SD, Beban Siswa hingga Anggaran

Sederet Kritik soal Proyek Utopis Bahasa Asing Prabowo Sejak SD, Beban Siswa hingga Anggaran

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:04 WIB

Yuk Nikmati Liburan Seru ke Pantai Selatan Yogyakarta Bareng PORTA

Yuk Nikmati Liburan Seru ke Pantai Selatan Yogyakarta Bareng PORTA

Jogja | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:01 WIB

Gempa NTT: Warga Kepulauan Selayar Mengungsi ke Dataran Tinggi Usai Lihat Air Laut Surut Tiba-tiba

Gempa NTT: Warga Kepulauan Selayar Mengungsi ke Dataran Tinggi Usai Lihat Air Laut Surut Tiba-tiba

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:01 WIB

Desa Sejahtera Astra Les dan Iklim Pendidikan Mandiri yang Tak Melulu Bertumpu Pemerintah

Desa Sejahtera Astra Les dan Iklim Pendidikan Mandiri yang Tak Melulu Bertumpu Pemerintah

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:57 WIB

Bukan Hanya di Lapangan, Ini Cara Komunitas Digital Rayakan 17-an

Bukan Hanya di Lapangan, Ini Cara Komunitas Digital Rayakan 17-an

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:54 WIB

BNPB: Jauhi Pantai Pasca-Gempa Bumi NTT

BNPB: Jauhi Pantai Pasca-Gempa Bumi NTT

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:50 WIB

Ramalan Zodiak 15 Agustus 2026: Virgo Dapat Keberuntungan, Libra Perlu Menenangkan Hati

Ramalan Zodiak 15 Agustus 2026: Virgo Dapat Keberuntungan, Libra Perlu Menenangkan Hati

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:34 WIB

BMKG NTT: Kabar Gempa Susulan Besar Pukul 09.00 WITA Hoaks, Jangan Percaya!

BMKG NTT: Kabar Gempa Susulan Besar Pukul 09.00 WITA Hoaks, Jangan Percaya!

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:26 WIB

Gempa Bumi NTT di Mbay Robohkan Tembok Rumah dan Rusak Pelabuhan Maumere

Gempa Bumi NTT di Mbay Robohkan Tembok Rumah dan Rusak Pelabuhan Maumere

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:24 WIB

Huawei MatePad Pro Max (2026): Tablet Super Tipis yang Serius Mengajak Laptop Pensiun

Huawei MatePad Pro Max (2026): Tablet Super Tipis yang Serius Mengajak Laptop Pensiun

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:20 WIB

×