alexametrics

Bisakah Hernia Pengaruhi Kesuburan Lelaki?

Ririn Indriani
Bisakah Hernia Pengaruhi Kesuburan Lelaki?
Ilustrasi hernia. (Shutterstock)

Hernia adalah keluarnya organ usus dari tempat seharusnya.

Suara.com - Tanya:

Selamat siang Dokter,
Saya mempunyai penyakit hernia sejak kecil. Kata orangtua saya, penyebabnya ketika kecil saya sering menangis dalam jangka waktu yang lama. Sejak kecil, saya sering diberikan obat tradisional yang katanya bisa menghilangkan penyakit tersebut.

Dalam seminggu, saya bisa menghabiskan 4 sampai 5 botol kecap yang beling. Saya juga diberi pantangan untuk tidak memakan makanan seperti pisang, nangka, dan lain-lain.

Saya juga dilarang untuk teriak-teriak dan menahan atau ngeden karena akan membuat benjolan tersebut keluar dengan sendirinya. Tetapi, saya sudah berhenti meminum ramuan tradisional tersebut sudah lebih dari 10 tahun hasilnya hanya menghilangkan 1 benjolan saja. Sampai sekarang, saya masih menyisakan 1 benjolan. Saya pernah ditakut-takuti oleh orangtua saya. Katanya, kalau tidak segera di operasi atau dihilangkan itu bisa mempersulit saya untuk memiliki keturunan. Apa itu benar, Dok? Terima kasih, Dok.

HR


Jawab:

Selamat siang Saudara HR,
Hernia adalah kondisi keluarnya organ usus dari tempat seharusnya. Hernia tidak memengaruhi kesuburan lelaki. Karena hernia ini gangguan saat usus yang seharusnya di dalam rongga perut terdorong keluar oleh karena lemahnya dinding rongga perut.

Hernia sendiri tidak mengganggu reproduksi, namun bila dibiarkan sampai usus terperangkap, hal ini malah berbahaya karena usus yang terperangkap atau terjepit bisa mati dan memberi masalah besar. Kondisi ini merupakan kedaruratan medis.

Selama hernia masih kecil, itu dapat kembali pulih sempurna dan Anda masih dapat tenang cukup mengobservasi. Usahakan jangan banyak kegiatan yang membutuhkan Anda untuk mengedan, misalnya mengangkat beban terlalu berat.

Tapi jika hernia ini terus semakin besar seiring waktu maka sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk mengkoreksi hernia Anda.

Terima kasih, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Yohana Margarita
Sumber: www.meetdoctor.com