Amankah Ibu Hamil Lakukan Perjalanan dengan Pesawat Terbang?

Ririn Indriani
Amankah Ibu Hamil Lakukan Perjalanan dengan Pesawat Terbang?
Ilustrasi ibu hamil dalam pesawat terbang. (Shutterstock)

Penting untuk diketahui, terutama untuk perempuan yang baru kali pertama hamil.

Suara.com - Meskipun bisa dikatakan sangat aman untuk terbang selama lebih dari trimester ketiga (hingga 36 minggu), ibu hamil disarankan untuk mendiskusikan rencana tersebut dengan dokter atau bidan, sebelum memesan jadwal penerbangan.

Dalam kasus berisiko tinggi tertentu, seperti dilansir babycenter.com, dokter mungkin menyarankan Anda untuk tetap tinggal di rumah selama kehamilan.

Berikut beberapa kondisi kehamilan yang tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan udara:
1. Hamil kembar.
2. Memiliki diabetes atau tekanan darah tinggi.
3. Memiliki kelainan plasenta atau perdarahan vagina.
4. Memungkinkan atau berisiko untuk bersalin secara prematur.
5. Memiliki sejarah pembentukan bekuan darah (termasuk sebelum kehamilan).

Bahkan jika Anda mengalami kehamilan yang tidak rumit, sebaiknya hindari terbang selama bulan-bulan terakhir. Banyak maskapai penerbangan yang tidak mengizinkan perempuan hamil, terutama di bulan-bulan tertentu untuk melakukan penerbangan.

Namun, setiap maskapai memiliki aturan yang berbeda tentang kapan dan apakah Anda diperbolehkan terbang. Sebaiknya cek kembali dan update informasi terbaru. Jangan lupa untuk memperhitungkan seberapa jauh perjalanan Anda.

Sebelum Anda pergi, tanyakan kepada bidan atau dokter kandungan untuk membantu Anda menemukan dokter, jika Anda  membutuhkan perhatian medis selama liburan. Bawalah daftar lengkap kontak darurat, dan jika Anda berada di trimester kedua atau ketiga, bawalah juga salinan grafik prenatal Anda.

Sebuah grafik prenatal harus mencakup usia Anda, tanggal kemungkinan lahir, tanggal terakhir Anda menstruasi, jumlah dan hasil dari kehamilan sebelumnya, faktor risiko penyakit, hasil tes laboratorium yang berhubungan dengan kehamilan dan ultrasound, riwayat medis dan bedah, dan catatan tanda-tanda vital yang diambil pada setiap kunjungan kontrol.

Jika Anda sehat dan tidak memiliki masalah kebidanan, Anda dan bayi dalam kandungan Anda seharusnya tidak memiliki kesulitan dalam kabin bertekanan dari pesawat komersial. Anda tidak perlu khawatir tentang scanner X-ray di bandara.

Selama penerbangan, hal terbaik untuk dilakukan adalah membuat diri Anda senyaman mungkin. Mintalah tempat duduk di tengah pesawat, di atas sayap, agar Anda hanya bisa merasakan gerakan halus pesawat. Jika mungkin, pesan tempat duduk yang bisa membuat Anda meluruskan kaki, melakukan peregangan, dan mudah berlajan-jalan atau menuju kamar mandi.

Ibu hamil yang duduk diam dalam jangka waktu yang lama berada pada peningkatan risiko terjadinya pembekuan darah, sehingga disarankan untuk berjalan di sekitar kabin, setidaknya setiap satu jam. Anda juga dapat meregangkan dan melenturkan kaki setiap 30 menit, memakai stoking khusus hamil untuk membantu menjaga aliran darah di kaki Anda, dan mengurangi risiko penggumpalan darah serta pembengkakan kaki.

Ketika duduk, jaga posisi sabuk pengaman untuk diikat di bawah perut. Minum banyak air putih untuk meminimalkan efek dehidrasi dari udara kabin yang kering. Kafein bersifat diuretik, jadi hindarilah kopi, teh, dan minuman ringan berkafein sebelum dan selama penerbangan.

Hati-hatilah pada makanan dan minuman yang memproduksi gas sebelum lepas landas. Gas yang terperangkap dari beberapa makanan, seperti kubis dan kacang-kacangan, yang akan menghasilkan gas dalam perut dan membuat perjalanan tidak nyaman.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Berpetualang di alam terbuka sambil menikmati hotel gantung adalah pengalaman yang ditawarkan oleh sebuah skylodge di kawasan Purwakarta, Jawa Barat.
.
Untuk bisa menjejak ke skylodge tertinggi di dunia ini Anda harus menanjaki tebing di Gunung Parang sejauh 500 meter!
.
Seperti apa keseruannya? Saksikan selengkapnya di Youtube Suaradotcom!
.
.
.
#video #videooftheday #gunungparang #skylodge #purwakarta #jawabarat #indonesia #travelling #explorepurwakarta #exploreindonesia #asia #suaradotcom

INFOGRAFIS