Lapar Mengisyaratkan Empat Kondisi Ini

Dythia Novianty | Firsta Nodia
Lapar Mengisyaratkan Empat Kondisi Ini
Ilustrasi perut terasa lapar. (Shutterstock)

Rasa lapar bukan selalu berarti benar-benar membutuhkan makanan untuk mengisi perut.

Suara.com - Rasa lapar yang dialami bukan selalu berarti Anda benar-benar membutuhkan makanan untuk mengisi perut. Seperti dilansir Boldsky, lapar bisa disebabkan dorongan fisik, emosional bahkan mental.

Jadi ketika Anda merasa lapar, cobalah untuk mencari tahu penyebab pasti dari rasa lapar tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab rasa lapar yang Anda rasakan.

1. Perut kosong

Jika Anda merasa lapar sepanjang waktu, cek pola makan. Apakah Anda melewatkan jam sarapan atau makan malam di hari sebelumnya? Kurang nutrisi karena mengabaikan pola makan teratur, bisa menyebabkan perut terasa lapar.

Solusi yang tepat adalah makanlah secara teratur. Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat untuk mencegah rasa lapar. Makanan kaya serat biasa terdapat dalam sayur dan buah, gandum dan beras merah.

2. Pengalihan emosi

Pernahkah Anda merasa lapar setelah merasakan kecewa, sedih atau bahkan terlalu bahagia? Jika ya, maka kondisi lapar Anda cenderung disebabkan karena pengalihan emosi. Beberapa jenis emosi mendorong Anda untuk mengonsumsi makanan untuk mengalihkan perasaan tersebut.

3. Kelelahan

Kadang-kadang, rasa lapar juga menandakan bahwa Anda perlu mengambil jatah istirahat. Ketika lapar maka tubuh akan mendorong Anda mencari makanan. Tentu saja hal ini membebaskan Anda dari pekerjaan untuk sementara waktu.

4. Stres

Rasa bosan dan stres juga bisa menjadi alasan mengapa Anda begitu lapar. Stres menguras energi lebih banyak sehingga Anda cepat merasa lapar. Jika Anda stres, carilah suasana restoran yang menenangkan sehingga kondisi psikologis Anda menjadi lebih rileks.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS