Minum Anggur Putih Bisa Memicu Kanker Kulit?

Ririn Indriani

Jum'at, 13 Januari 2017 | 19:31 WIB
Minum Anggur Putih Bisa Memicu Kanker Kulit?
Ilustrasi anggur putih (white wine). (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menyebutkan bahwa kebiasaan minum anggur putih bisa berisiko kanker kulit (melanoma).

Menurut studi tersebut seperti dilansir laman The New York Post, satu gelas anggur putih mampu meningkatkan risiko melanoma hingga 13 persen.

Penelitian dilakukan pada lebih dari 210.000 lelaki dan perempuan Kaukasia yang berusia lebih dari 18 tahun.

Para peneliti yakin bahwa anggur putih mengandung acetaldehyde, senyawa karsinogenik (penyebab kanker). Berbeda dengan anggur merah. Minuman ini justru kaya antioksidan, zat yang mampu melawan sel-sel kanker.
 
Hooman Khorasani dari Mount Sinai Health System, menyatakan, risiko akan berkurang jika mereka tak rutin minum anggur putih. "Saya tidak menyarankan untuk berhenti sama sekali, tapi dikurangi,” katanya.

Justru anggur merah, lanjut Khorasani, harus rutin diminum, karena bermanfaat bagi kesehatan. (Nessy Febrinastri)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Minum Wine dalam Porsi Wajar, Ini Manfaatnya bagi Tubuh

Minum Wine dalam Porsi Wajar, Ini Manfaatnya bagi Tubuh

Health | Kamis, 12 Januari 2017 | 10:05 WIB

Minum Anggur Putih Berisiko Kena Kanker Lebih Besar

Minum Anggur Putih Berisiko Kena Kanker Lebih Besar

Health | Rabu, 21 Desember 2016 | 19:17 WIB

Orang Kaya Berisiko Terkena Kanker Kulit?

Orang Kaya Berisiko Terkena Kanker Kulit?

Health | Rabu, 22 Juni 2016 | 15:34 WIB

Cegah Kanker Kulit dengan Penggunaan Tabir Surya SPF 30

Cegah Kanker Kulit dengan Penggunaan Tabir Surya SPF 30

Health | Rabu, 20 April 2016 | 11:47 WIB

Terkini

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:53 WIB

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Bogor | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:37 WIB

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Jabar | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:13 WIB

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:03 WIB

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:35 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:27 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:21 WIB

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Riau | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:47 WIB

×