Minum Soda Sejak Remaja, Awas Diincar Kanker Payudara!

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Sabtu, 04 Maret 2017 | 19:35 WIB
Minum Soda Sejak Remaja, Awas Diincar Kanker Payudara!
Ilustrasi minuman bersoda. (Shutterstock)

Suara.com - Remaja yang sering mengonsumsi minuman manis seperti soda tanpa diimbangi dengan sayuran, berisiko lebih tinggi mengalami kanker payudara.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology menemukan, minuman manis dapat memicu peradangan kronis sehingga menempatkan kaum hawa dalam risiko lebih tinggi mengidap kanker payudara.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi soda yang tinggi gula saat remaja dapat meningkatkan risiko kanker payudara saat dewasa," ujar Karin Michels, Profesor di University of California, Los Angeles Fielding School of Public Health.

Seperti diketahui tren panganan cepat saji yang 'booming' akhir-akhir ini mempengaruhi kebiasaan makan remaja yang cenderung kurang mengonsumsi sayuran. Belum lagi minuman pendamping di restoran cepat saji yang berupa minuman bersoda dikaitkan dengan risiko peradangan dalam tubuh.

"Karena kanker payudara membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk muncul, dan kebiasaan mengonsumai minuman bersoda merupakan faktor risiko untuk kanker payudara," katanya dilansir Boldsky.

Untuk studi ini, Michels dan tim peneliti lainnya menggunakan data dari 45.204 perempuan yang telah menyelesaikan kuesioner survei pada 1998, ketika mereka berusia antara 33-52, tentang kebiasaan makan mereka selama duduk di bangku sekolah.

Selama 22 tahun masa tindak lanjut, 870 perempuan didiagnosis mengidap kanker payudara sebelum menopause dan 490 perempuan didiagnosis dengan kanker payudara pasca menopause.

Setelah dianalisis, perempuan yang menjalani kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda saat remaja berisiko 41 persen lebih tinggi untuk mengidap kanker payudara.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum Soda

Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum Soda

Health | Rabu, 21 Desember 2016 | 07:13 WIB

Jangan Beli Lima Jenis Minuman Ini

Jangan Beli Lima Jenis Minuman Ini

Lifestyle | Selasa, 02 Agustus 2016 | 11:00 WIB

Jangan Seruput Minuman Ini saat Haus!

Jangan Seruput Minuman Ini saat Haus!

Lifestyle | Selasa, 19 Juli 2016 | 12:46 WIB

Studi: Junk Food Bisa Membuat Otak Menyusut

Studi: Junk Food Bisa Membuat Otak Menyusut

Health | Selasa, 15 September 2015 | 11:20 WIB

Terkini

Cara Download Logo Hari Pramuka 2026, Lengkap dengan Link Resminya

Cara Download Logo Hari Pramuka 2026, Lengkap dengan Link Resminya

Tekno | Rabu, 12 Agustus 2026 | 09:02 WIB

Bybit Resmi Ekspansi ke Indonesia usai Akuisisi Nobi, Incar 20% Pangsa Pasar Transaksi Kripto

Bybit Resmi Ekspansi ke Indonesia usai Akuisisi Nobi, Incar 20% Pangsa Pasar Transaksi Kripto

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:57 WIB

Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan 2026 Jam Berapa? Simak Waktu Pelaksanaannya di Sini!

Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan 2026 Jam Berapa? Simak Waktu Pelaksanaannya di Sini!

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:54 WIB

Uji Coba Tabung CNG 3 Kg Direncanakan Mulai Pekan Depan

Uji Coba Tabung CNG 3 Kg Direncanakan Mulai Pekan Depan

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:54 WIB

Kota Jogja Siapkan Rp40 Miliar Angkut Sampah ke PSEL, Bantul Pastikan Warga Sekitar Tak Direlokasi

Kota Jogja Siapkan Rp40 Miliar Angkut Sampah ke PSEL, Bantul Pastikan Warga Sekitar Tak Direlokasi

Jawa Tengah | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:49 WIB

Niat Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan: Lengkap dengan Bacaan Latin, Arti, dan Jadwalnya di Tahun 2026

Niat Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan: Lengkap dengan Bacaan Latin, Arti, dan Jadwalnya di Tahun 2026

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:46 WIB

Misteri Kunci Hilang Terjawab: Sebulan Diincar, Mobil Avanza di Bandar Lampung Raib Digasak

Misteri Kunci Hilang Terjawab: Sebulan Diincar, Mobil Avanza di Bandar Lampung Raib Digasak

Lampung | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:45 WIB

Stop 'Pencet Setuju' Tanpa Baca! Inovasi Layanan Jadi Kunci Agar Kuota Internet Gak Hangus

Stop 'Pencet Setuju' Tanpa Baca! Inovasi Layanan Jadi Kunci Agar Kuota Internet Gak Hangus

Tekno | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:45 WIB

Laba BCA Syariah Meningkat, Aset Tembus Rp20,7 Triliun

Laba BCA Syariah Meningkat, Aset Tembus Rp20,7 Triliun

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:41 WIB

Pengusaha Sound Horeg Jatim-Jateng Temui Jokowi, Dukung Gibran di 2029

Pengusaha Sound Horeg Jatim-Jateng Temui Jokowi, Dukung Gibran di 2029

Surakarta | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:38 WIB

×