Studi: Cokelat Bisa Kurangi Risiko Denyut Jantung Tak Teratur

Ririn Indriani, Risna Halidi

Kamis, 25 Mei 2017 | 17:40 WIB
Studi: Cokelat Bisa Kurangi Risiko Denyut Jantung Tak Teratur
Ilustrasi perempuan makan cokelat. (Shutterstock)

Suara.com - Siapa yang tidak suka makan cokelat? Hampir semua orang menyukai cokelat. Dan, tahukah Anda sebuah studi baru seperti dilansir Zeenews mengatakan bahwa mengonsumsi cokelat secara benar ternyata dapat menurunkan risiko detak jantung tidak teratur.

Detak jantung tidak teratur merupakan kondisi yang kini telah mempengaruhi lebih dari 33 juta orang di seluruh dunia. Dalam penelitian sebelumnya, peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat memperbaiki kesehatan jantung.

Para ilmuwan termasuk dari Harvard School of Public Health di AS tengah mencari tahu apakah hal tersebut terkait dengan atrial fibrillation yang lebih rendah yang juga disebut sebagai heart flutter.

Untuk setiap cokelat yang dikonsumsi, peneliti menyarankan satu porsi setara 30 gram setiap minggu untuk perempuan dan dua hingga enam porsi bagi laki-laki.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health tersebut didapatkan dari hasil pengumpulan sebanyak 55.502 data, yang terdiri dari 26.400 laki-laki dan 29.100 perempuan dengan rentang usia 50 hingga 64 tahun.

Selama periode pemantauan yang dilakukan selama 13.5 tahun, ada 3.346 kasus atrial fibrillation yang telah didiagnosa.

Setelah menghitung faktor lain yang terkait dengan penyakit jantung, tingkat atrial fibrillation atau denyut jantung tak beraturan lebih rendah 10 persen bagi mereka yang mengonsumsi cokelat sebanyak satu hingga tiga porsi sebulan.

Perbedaan juga terlihat pada tingkat konsumsi lainnya dengan presentasi 17 persen lebih rendah untuk satu porsi mingguan dan 20 persen lebih rendah untuk dua hingga enam porsi mingguan.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Wah, Biji Nangka Bakal Jadi Pengganti Cokelat?

Wah, Biji Nangka Bakal Jadi Pengganti Cokelat?

Lifestyle | Minggu, 14 Mei 2017 | 08:00 WIB

Makna Cokelat dalam Sebuah Hubungan

Makna Cokelat dalam Sebuah Hubungan

Lifestyle | Senin, 16 Januari 2017 | 08:10 WIB

Manfaat Mengonsumsi Cokelat Pada Ibu Hamil

Manfaat Mengonsumsi Cokelat Pada Ibu Hamil

Health | Selasa, 24 Mei 2016 | 10:02 WIB

Terkini

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:39 WIB

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:31 WIB

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:14 WIB

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:52 WIB

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

Bri | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:43 WIB

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Banten | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:35 WIB

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:29 WIB

Bupati Brebes Temui Siswa Sespimmen Polri, Bahas Persoalan Pupuk Subsidi

Bupati Brebes Temui Siswa Sespimmen Polri, Bahas Persoalan Pupuk Subsidi

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:28 WIB

Kembalikan Hak Pejalan Kaki, Pemkot Bandung Tertibkan Bangunan Liar di Jalan Rajawali

Kembalikan Hak Pejalan Kaki, Pemkot Bandung Tertibkan Bangunan Liar di Jalan Rajawali

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:26 WIB

×