Alexa

Telat Haid Tak Selalu Tanda Hamil, Ini Contohnya

Ririn Indriani
Telat Haid Tak Selalu Tanda Hamil, Ini Contohnya
Ilustrasi tes kehamilan. (Shutterstock)

Telat haid bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Suara.com - Tanya:

Selamat sore Dokter,
Siklus haid saya 3 bulan terakhir ini siklus 27 hari. Agustus saya haid hari pertama tanggal 13, pada September tanggal 10, dan Oktober di tanggal 7 haid hari pertama. Namun November ini saya belum haid. Saya sudah coba tes pack beberapa kali dengan berbagai merek, hasilnya negatif atau garis 1. Saya sudah periksa ke dokter obgin, masih belum terlihat dan disuruh untuk cek lagi seminggu kemudian. Apakah kemungkinan saya hamil, Dok? Mohon penjelasannya. Terima kasih

CW

Jawab:

Selamat sore Saudari CW,
Terlambat haid atau menstruasi tidak selalu berkaitan dengan kehamilan. Telatnya menstruasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena kelelahan atau banyaknya aktivitas, stres, kurang istirahat, pola hidup tak teratur, pola makan tak sehat yang bisa mempengaruhi hormon, dan sebagainya.

Namun jika siklus menstruasi Anda memang tidak teratur, maka bukan hal yang aneh jika saat ini Anda mengalami keterlambatan haid. Siklus menstruasi dikatakan normal jika berada pada rentan 21-35 hari dengan lama sekitar 3-7 hari.

Siklus haid yang di bawah maupun lebih dari 35 hari, dapat dikatakan siklus yang tidak teratur. Namun jika siklus Anda masih berada di rentang tersebut, maka tentunya masih dapat dikatakan siklus yang teratur.

Adanya kemajuan dan kemunduran jika berada pada rentang tersebut, merupakan hal yang normal dan merupakan suatu variasi saja. Jika Anda telah melakukan test pack dan hasilnya negatif, maka bisa saja dikatakan telatnya haid bukan karena kehamilan.

Mengapa? Karena keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99 persen jika dilakukan kira-kira 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur. Dan hasil ini dipengaruhi oleh kadar HCG dalam urine.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.


Dijawab oleh: dr. Adnan Yusuf
Sumber: https://meetdoctor.com
    
loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hayoo ngaku siapa yang suka ngeliatin pria beruban 😆 #DidYouKnow
.
.
.
#fakta #faktapria #faktawanita #uban #rambut #catrambut #coloring #georgeclooney #markrufallo #tahukahkamu #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS