Alexa

Cara Baru Atasi Stres Ada di sini

Dythia Novianty | Risna Halidi
Cara Baru Atasi Stres Ada di sini
Ilustrasi stres di tempat kerja. (Shutterstock)

Metode baru atasi stres.

Suara.com - Bila Anda tengah mengalami stres dan ingin menyingkirkan kondisi tersebut, cobalah metode baru dengan terapi sinar biru terbaru. Dikatakan, pencahayaan berwarna biru dapat mempercepat proses relaksasi pada orang dengan stres psikososial akut, dibandingkan dengan pencahayaan putih konvensional lainnya.

Stres psikososial adalah semacam stres jangka pendek (stress akut) yang terjadi selama hubungan sosial atau interpersonal, misalnya saat harus berdebat dengan teman atau ketika seseorang berusaha menekan untuk menyelesaikan tugas tertentu sesegera mungkin.

Penelitian yang dipimpin oleh Francisco Pelayo, profesor dari Universitas Granada, Spanyol, meminta para sukarelawan yang tengah berada di bawah tekanan tinggi untuk ikut penelitian dan kemudian mengevaluasi mereka melalui sesi relaksasi di dalam ruang stimulasi multisensori.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama ditidurkan di bawah cahaya biru dan kelompok kedua ditidurkan di bawah cahaya putih.

Sinyal bio yang beragam, seperti denyut jantung serta aktivitas otak, diukur sepanjang keseluruhan sesi dengan cara elektrokardiogram dan electroencephalogram.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa peserta yang tidur di bawah sinar biru akan rileks lebih cepat daripada mereka yang berada di bawah cahaya putih.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One ini juga menyatakan bahwa segala bentuk stres sangat umum terjadi dan berdampak negatif terhadap kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. [Zeenews]

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS