5 Manfaat dan Kegunaan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Kusuma
5 Manfaat dan Kegunaan Daun Sirsak Untuk Kesehatan
Manfaat dari daun sirsak yang menyehatkan untuk mengobati penyakit

Manfaat daun sirsak paling populer digunakan untuk penyembuhan kolesterol, menyembuhkan asam urat, mengatasi kanker bahkan untuk mengatasi diabetes

Suara.com - Manfaat daun sirsak paling populer digunakan untuk penyembuhan kolesterol. Untuk rasa, jelas buah sirsak lebih enak daripada daunnya. Namun ternyata daun sirsak bisa menjadi pilihan terbaik dalam pengobatan banyak penyakit sebagai pilihan dengan cara alami.

Khasiat daun sirsak bisa dirasakan melalui beberapa cara, misalnya dari rebusan daun sirsak atau teh berbahan dasar daun sirsak. Dari contoh tersebut maka akan tergambar bagaimana anda bisa mendapatkan manfaat daun sirsak tadi.

Jika kita sedikit mundur kebelakang, mengambil pelajaran mengenai fungsi daun, maka yang akan kita pahami yaitu daun sebagai tempat terjadinya pengolahan zat makanan pada tumbuhan, dimana proses tersebut dinamakan fotosintesis. Dari sini kita mendapatkan pencerahan kembali, artinya sebagian besar tumbuhan mempunyai daun yang benar-benar mengandung unsur yang sangat penting. Setelah banyak diuji dari sisi kesehatan, daun yang tumbuh dari pohon sirsak ini memiliki kandungan yang luar biasa, diantaranya:

. Anonol

. Adriamycin

Adriamycin merupakan zat yang mengandung senyawa anti kanker yakni doxorubicin.

. Annohexocin

. Antioksidan

Kandungan antioksidannya sangat tinggi, beberapa senyawa terdapat didalamnya seperti saponin, bioflavonoid dan polifenol.

. Acetogenin

Acetogenin merupakan zat anti kanker yang lebih kuat 10.000 kali lipat dari adriamycin, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, bisa menyembuhkan para penderita kanker.

Bahkan tidak ada efek samping dari penggunaan daun sirsak, karena berbeda dengan obat kanker berbahan kimia. Zat antikanker pada daun sirsak hanya benar-benar membunuh sel kanker berpotensi membahayakan tubuh.

Simak, Apa saja manfaat daun sirsak:

1. Untuk Menyembuhkan Asam Urat

Asam urat sering diderita para orang tua berumur lanjut. Kebanyakan penyebab datangnya asam urat karena asupan makanan yang mengandung purin yang biasa didapat dari olahan berbahan melinjo berlebihan.

2. Untuk Mengatasi Kanker

Seperti dijelaskan sebelumnya zat yang terkandung dalam daun sirsak berupa adriamycin dan acetogenin inilah yang akan bekerja untuk mematikan sel kanker yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Untuk Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium juga dapat diatasi menggunakan daun sirsak, kandungan berupa acetogenin yang ada didalamnya juga akan mengatasi masalah ini.

4. Untuk Menyembuhkan Wasir (ambeien)

Kegunaan daun sirsak lainnya yakni menyembuhkan Wasir atau ambeien, antioksidan yang tinggi menjadi senjata alami ampuh dalam mengobati infeksi pada penderita wasir.

5. Untuk Mengatasi Diabetes

Daun sirsak memiliki nutrisi yang sangat berguna bagi penderita diabetes karena nutrisi yang terdapat didalamnya dapat menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah.

Cara mudah mengolah daun sirsak yang bisa anda lakukan:

1. Siapkan daun sirsak berwarna hijau namun tua sebanyak 5-10 lembar.

2. Cuci bersih.

3. Siapkan panci bersih.

4. Rebus daun sirsak, diamkan selama 10 menit saat air mendidih.

5. Ambil air rebusan, pindahkan ke gelas dan gunakan penyaringan.

6. Tunggu hangat.

7. Minum 2 kali sehari.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat siang para pejuang kehidupan 💪
#QuotesOfTheDay

INFOGRAFIS