Perempuan yang Gemar Sayur dan Buah Lebih Cepat Hamil?

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Jum'at, 04 Mei 2018 | 15:35 WIB
Perempuan yang Gemar Sayur dan Buah Lebih Cepat Hamil?
Ilustrasi perempuan gemar menyantap buah dan sayur. (Shutterstock)

Suara.com - Berbahagialah perempuan yang gemar makan sayur dan buah, karena sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction menemukan bahwa perempuan yang memiliki kebiasaan mengonsumsi sayur dan buah lebih mungkin untuk mendapatkan kehamilan lebih cepat ketimbang mereka yang mengonsumsi makanan cepat saji.

"Temuan menunjukkan bahwa konsumsi makanan berkualitas meliputi buah dan meminimalkan konsumsi makanan cepat saji meningkatkan kesuburan dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk hamil," kata peneliti utama dari Adelaide University, Claire Roberts, dilansir Medical Daily.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis diet 5.598 perempuan di Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Irlandia. Mereka juga ditanyai berapa jumlah anak yang dimiliki dan rentang waktu yang dibutuhkan untuk hamil.

Peneliti menemukan, perempuan yang mengonsumsi buah kurang dari 1-3 kali sebulan membutuhkan waktu setengah bulan lebih lama untuk hamil bila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi buah 3 kali atau lebih sehari dalam sebulan.

Selain itu peneliti juga menemukan bahwa konsumsi makanan cepat saji jelang pembuahan dapat menunda waktu perempuan untuk hamil. Perempuan yang mengonsumsi makanan cepat saji empat kali atau lebih dalam seminggu membutuhkan waktu hampir satu bulan lebih lama untuk hamil jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi makanan cepat saji.

Makanan cepat saji ini termasuk burger, pizza, ayam goreng dan keripik. Menurut peneliti, kandungan phthalates yang sering ditemukan dalam makanan cepat saji dapat memiliki efek buruk pada kesuburan kaum hawa.

Sayangnya temuan ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut karena terbatasnya metode pengumpulan data. Alasannya, peneliti tidak memasukkan gaya hidup laki-laki dalam penelitian ini. Padahal gangguan kesuburan tidak hanya tanggung jawab perempuan, tapi juga laki-laki.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Ingin Cepat Hamil? Konsumsi Makanan Ini

Ingin Cepat Hamil? Konsumsi Makanan Ini

Lifestyle | Kamis, 03 Mei 2018 | 14:15 WIB

Cara Menyenangkan Tangkal Depresi, Makan Sayur dan Buah Segar!

Cara Menyenangkan Tangkal Depresi, Makan Sayur dan Buah Segar!

Health | Jum'at, 20 April 2018 | 10:50 WIB

Paparan Bahan Kimia Saat Hamil Bisa Hambat Perkembangan Otak Anak

Paparan Bahan Kimia Saat Hamil Bisa Hambat Perkembangan Otak Anak

Health | Selasa, 27 Maret 2018 | 17:15 WIB

Terkini

200 Truk Kontainer di Tanjung Priok Diuji Emisi Demi Kejar Udara Bersih Pelabuhan

200 Truk Kontainer di Tanjung Priok Diuji Emisi Demi Kejar Udara Bersih Pelabuhan

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:41 WIB

Andrie Yunus Alami Kecemasan Berat, KontraS Ungkap Kondisi Terkini

Andrie Yunus Alami Kecemasan Berat, KontraS Ungkap Kondisi Terkini

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:35 WIB

3 Juta KK Sudah Masuk Perlinsos Digital, Pemerintah Uji Sistem di 43 Daerah

3 Juta KK Sudah Masuk Perlinsos Digital, Pemerintah Uji Sistem di 43 Daerah

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:33 WIB

Jepang-Rusia Memanas! Kunjungan Putin dengan Kapal Perang ke Kuril Bikin Tokyo Murka

Jepang-Rusia Memanas! Kunjungan Putin dengan Kapal Perang ke Kuril Bikin Tokyo Murka

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:31 WIB

Pergi Jauh, Tanah Air Tetap Jadi Rumah: Kisah Diaspora Memaknai Indonesia

Pergi Jauh, Tanah Air Tetap Jadi Rumah: Kisah Diaspora Memaknai Indonesia

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:25 WIB

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

Health | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:09 WIB

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:00 WIB

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:55 WIB

Cerdas! Begini Langkah Kang Edai Mengubah Desa Kemiren Jadi Naik Kelas

Cerdas! Begini Langkah Kang Edai Mengubah Desa Kemiren Jadi Naik Kelas

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:55 WIB

Arti Penting Berlian bagi Anggun C Sasmi: Bukan Sekadar Aksesori, tapi Self-Reward

Arti Penting Berlian bagi Anggun C Sasmi: Bukan Sekadar Aksesori, tapi Self-Reward

Entertainment | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:54 WIB

×