Minum Sambil Berdiri Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan

Vania Rossa | Firsta Nodia
Minum Sambil Berdiri Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan
Ilustrasi minum air putih saat perut kosong. (Shutterstock)

Pastikan Anda tidak minum sambil berdiri kalau tak mau mengalami masalah kesehatan ini.

Suara.com - Air sangat penting untuk kehidupan manusia. Dalam sehari, seseorang bahkan dianjurkan untuk minum delapan gelas air putih. Namun saat mencukupi kebutuhan air ini, pastikan Anda tidak melakukannya sambil berdiri.

Pasalnya, menurut ilmu Aryuveda, minum air sembari berdiri dapat menekan dinding perut Anda. Selain itu, karena air mengalir langsung dari kerongkongan ke lambung, minum sambil berdiri menyebabkan nutrisi lain yang masuk ke tubuh akan tertolak. Nah, berikut adalah beberapa efek yang terjadi jika Anda terbiasa minum sambil berdiri, seperti dilansir laman Times of India.

1. Menyebabkan masalah pada ginjal
Minum air sambil berdiri dapat memengaruhi ginjal Anda. Saat Anda minum air sambil berdiri, air mengalir dengan tekanan tinggi ke ginjal. Hal ini bisa membebani kerja ginjal karena air datang dalam volume yang besar secara mendadak.

2. Memicu nyeri sendi
Konsumsi air dan postur tubuh memiliki hubungan yang sangat erat. Alasannya, kebiasaan minum air sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya terjadi penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh dan menyebabkan artritis yang ditandai dengan nyeri sendi.

3. Menyebabkan masalah di paru-paru
Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa hubungan konsumsi air dengan masalah di paru-paru. Ternyata, ketika Anda minum sambil berdiri, hal ini dapat menekan suplai oksigen di saluran pipa makanan dan batang tenggorokan. Jika dilakukan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin dapat mengakibatkan masalah di paru-paru dan jantung.

4. Saraf menegang
Saraf tubuh bisa menegang saat kita minum dalam keadaan berdiri. Sebaliknya, saat minum sambil duduk, maka sistem parasimpatetik akan lebih rileks sehingga saraf tak akan tegang. Proses penyerapan air minum dan sistem pencernaan pun bisa berjalan dengan lebih baik.

Oleh karena itu, cara terbaik adalah minum dalam kondisi duduk. Dengan cara ini aliran air akan lebih lambat dan tubuh Anda dapat mencerna air dengan saraf yang rileks.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS