Anak Berkelahi dengan Saudara, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua

Vania Rossa | Vessy Dwirika Frizona
Anak Berkelahi dengan Saudara, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua
Ilustrasi kakak dan adik bertengkar. (Shutterstock)

Jangan khawatir, pertengkaran antar saudara adalah hal biasa yang tak perlu ditakutkan.

Suara.com - Namanya saja kakak dan adik, sesekali berkelahi adalah hal yang wajar. Tapi, jangan khawatir, pertengkaran antar saudara adalah hal biasa yang tak perlu ditakutkan. Bahkan di balik pertengkaran itu, ada sisi positif yang didapat. Melansir dari Famifi, inilah yang bisa orangtua lakukan ketika anak bertengkar dengan saudaranya.

Tidak selamanya persaingan kakak dan adik itu buruk
Persaingan antar saudara tak selamanya buruk. Justru anak akan belajar banyak hal. Mereka belajar mengalah, meminta maaf, menyelesaikan masalah, mencari solusi, dan toleransi. Ini merupakan pelajaran bagus bagi anak-anak untuk mengetahui karaker saudaranya. Di samping itu, anak akan belajar kehidupan yang sesungguhnya dari rumah. Sebab, di luar rumah nantinya mereka juga akan menghadapi banyak konflik, terutama di pergaulan.

Tak perlu ikut campur terlalu sering
Jangan melakukan intervensi terhadap salah satu anak. Biarkan mereka menegosiasikan masalah tanpa bantuan orang dewasa. Sebab, inilah salah satu kemampuan yang harus mereka miliki di lingkungan sekolah dan karier kelak. Beri kesempatan anak menghadapi masalah dan menyelesaikannya sendiri.

Pujilah anak
Anak-anak senang mendapat pujian, apalagi dari orangtuanya. Pertengkaran anak yang sering terjadi karena cemburu mungkin bisa diatasi dengan memuji keduanya secara adil. Jadi, anak tak perlu cemburu satu sama lain. Dengan memuji keduanya, mereka akan saling menghargai kelebihan masing-masing dan tahu kelebihan yang mereka punya.

Ajari anak untuk sama-sama mendukung
Jika pertengkaran sering terjadi karena rasa cemburu, maka ajarkanlah anak-anak untuk saling mendukung. Bawa keduanya ke perlombaan atau pertandingan yang melibatkan salah satu di antara mereka. Misalnya, ajak adik ke pertandingan basket kakak, agar timbul rasa membela saudara. Beli sepotong es krim, dan biarkan adik memberikannya kepada kakak sebagai bentuk dukungan. Lakukan pula hal yang sama ketika adik ikut lomba. Dengan begitu, mereka akan saling mendukung dan menyayangi.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS