Tak Cuma Batasi Kelahiran, Ini Enam Manfaat KB bagi Perempuan

Ririn Indriani | Risna Halidi
Tak Cuma Batasi Kelahiran, Ini Enam Manfaat KB bagi Perempuan
Ilustrasi pil KB. (Sumber: Shutterstock)

Perempuan wajib tahu apa saja manfaat KB selain membatasi kelahiran, yuk simak ulasan pakar.

Suara.com - Selama ini KB dikenal sebagai gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran, tapi Anda juga harus tahu masih banyak lagi manfaat KB bagi perempuan.

Menurut Dr. dr. Andon Hestiantoro, SpOG(K) ada enam manfaat program Keluarga Berencana bagi perempuan. Hal tersebut Andon paparkan dalam acara Hari Kontrasepsi Sedunia di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, (25/9/2018).

Pertama, kata Andon, Keluarga Berencana merupakan cara untuk menghargai hak ibu dalam mengendalikan kesuburan. Misalnya, seorang ibu atau calon ibu harus dalam keadaan siap hamil. Pun saat menyusui, ibu butuh komitmen melakukan ASI eksklusif selama dua tahun dan fokus membesarkan anak.

"Perempuan hamil harus direncanakan dan perempuan harus siap. Kalau tidak, enam bulan (setelah melahirkan) saya yakin hamil lagi. Lalu waktu menyusui anak tidak ada," kata Andon.

Kedua, KB dapat melindungi ibu dari gangguan kesehatan reproduksi yang bisa disebabkan karena hamil terlalu muda, terlalu tua atau hamil dalam waktu terlalu berdekatan. "Hal ini nantinya dapat meningkatkan risiko preeklamsia atau lahir prematur," jelas Andon.

Ketiga, KB dapat melindungi hak anak dari gangguan tumbuh kembang dan gangguan kesehatan.

Keempat, program KB juga dapat menurunkan risiko perempuan terkena kanker indung telur (ovarium) serta kanker endometrium.

"KB bukan menyebabkan (kanker) tapi melindungi dan mencegah. Dengan melakukan kontrasepsi, ibu akan rajin kontrol ke bidan jadi kanker bisa dicegah atau ditemukan dalam stadium dini sekali," terang Andon.

Kelima, program KB juga dapat menurunkan risiko penyakit radang panggul. Penyebab umum radang panggul adalah seks yang tidak aman dengan pengidap gonorrhea, chlamydia, atau penyakit menular seksual lainnya. Tapi kondisi ini akan semakin parah saat ibu baru saja melahirkan.

Keenam, Keluarga Berencana dapat menjaga kesehatan jiwa seorang ibu. "Misal hamil yang tidak sehat dapat meningkatkan depresi paska melahirkan," tutup Ando tentang enam manfaat KB bagi perempuan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS