Melissa Karim Sebut Film Penting Bagi Pendidikan Anak

M. Reza Sulaiman
Melissa Karim Sebut Film Penting Bagi Pendidikan Anak
Menonton film bisa jadi media pendidikan bagi anak. [Shutterstock]

Penyiar radio dan presenter Melissa Karim menyebut film merupakan bagian penting dalam pendidikan anak.

Suara.com - Penyiar radio dan presenter Melissa Karim menyebut film merupakan bagian penting dalam pendidikan anak .

Menjadi juri dan pembawa acara dalam Science Film Festival yang ke-9 di Jakarta, Melissa Karim menyebut penting untuk mengenalkan dunia sains dan teknologi dalam bentuk film pada anak.

"Science Film Festival ini penting karena, film itu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak-anak kita. Film adalah media paling ampuh untuk belajar tentang apapun. Kegiatan seperti ini bisa mengajarkan anak untuk bersosialisasi, karena mereka menonton film dengan teman-teman dari berbagai sekolah," ujar Melissa Karim saat ditemui dalam acara Science Film Festival di Jakarta baru-baru ini.

Menurut perempuan kelahiran 1978 ini, film tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak-anak. Ia mengaku tak pernah melarang anaknya untuk mengeksplorasi menonton film apapun.

"Karena kan ada orang tua yang suka melarang anaknya nonton film, kalau aku film itu gak bisa dipisahkan dari kehidupan anak kita sehari hari. Cuma kita harus memilih dan mengawasi apa yang boleh ditonton sama mereka," katanya.

Film merupakan cara belajar paling menyenangkan dan efektif terutama untuk memperkenalkan dunia sains. Tak hanya itu, Melissa Karim juga menceritakan kesan ketika anaknya sangat menyukai segala film tentang dinosaurus.

"Karena dari film dia banyak banget belajar. Anakku baru umur tujuh tahun dari dulu dia pengen banget jadi paleontologis sampe detik ini. Dia tau segala jenis diosaurus di dunia, tahun berapa bahkan sampe beratnya dinosaurus itu berapa. Ya, karena film," cerita Melissa Karim lagi. 

Melissa Karim menyebut menonton film ternyata bisa membentuk pola pikir anak dan mengasah imajinasi cita-citanya.

Meski tak pernah melarang anaknya untuk menonton segala jenis film, Mellisa selalu membimbing dan mengawasi film yang pantas ditonton untuk anak. Menurutnya, standar setiap orang tua pun berbeda untuk anaknya.

"Menurut aku standar orang tua dan anak itu beda tergantung anak dan orang tuanya masing-masing. Jadi kuncinya adalah komunikasi sama anak, film apa yang mereka sukai dan ada batasan-batasan dan rules sendiri," katanya lagi. [Nadila Nurwijayantri]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS