Batuk Tak Kunjung Sembuh Meski Sudah Minum Obat? Ini Penyebabnya

Silfa Humairah Utami
Batuk Tak Kunjung Sembuh Meski Sudah Minum Obat? Ini Penyebabnya
Ilustrasi batuk tak kunjung sembuh meski sudah minum obat. (Shutterstock)

Apa penyebab batuk tidak kunjung sembuh padahal sudah minum obat?

Suara.com - Sudah minum obat batuk tapi tidak kunjung sembuh terkadang batuk justru semakin menjadi-jadi dan terasa menyiksa, bila batuk tidak sembuh selama lebih dari delapan minggu, maka ini artinya Anda mengalami batuk kronis.

Seorang kepala petugas medis dari American Lung Association, Norman H Edelman, MD, mengungkap kepada Health bahwa batuk biasanya akan sembuh dalam waktu empat minggu. Namun, tubuh Anda biasanya akan terasa lebih baik dan sembuh setelah 7-9 hari.

Jika batuk tidak sembuh juga dan berlangsung lebih dari delapan minggu, maka ini pertanda bahwa Anda terkena batuk kronis. Batuk pada anak dapat digolongkan sebagai batuk kronis jika terjadi selama empat minggu. Jenis batuk ini merupakan satu dari lima keluhan paling umum bagi seseorang untuk periksa ke dokter.

Selain karena merokok, penyebab batuk tidak sembuh alias batuk kronis juga dapat disebabkan oleh kondisi berikut ini.

1. Asma dan alergi

Asma adalah kondisi peradangan dan pembengkakan kronis pada saluran udara di paru-paru. Selain ditandai dengan sesak napas, batuk tidak sembuh-sembuh juga bisa menjadi pertanda Anda mengidap asma, biasanya sering muncul saat malam hari.

Anda mungkin bingung saat menentukan apakah batuk kronis Anda ini karena penyakit asma atau bukan. Cara membedakannya begini: Jika batuk Anda semakin parah saat menyentuh bulu hewan, menghirup serbuk sari atau debu, maka batuk Anda kemungkinan besar disebabkan oleh alergi atau asma.

2. Asam lambung naik (GERD)

Batuk yang tak kunjung sembuh juga bisa jadi pertanda Anda mengalami GERD. GERD itu sendiri adalah kondisi yang terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi.

Gejala khas asam lambung naik akibat GERD umumnya ditandai dengan munculnya sensasi terbakar di bagian dada (heartburn). Bukan cuma itu, batuk tidak sembuh-sembuh juga bisa menjadi akibat dari asam lambung naik. GERD bahkan termasuk salah satu penyebab batuk kronis yang cukup umum, tapi sayangnya tidak diketahui penyebabnya sampai saat ini.

3. Infeksi saluran pernapasan

Saat terkena pilek, flu, atau infeksi saluran pernapasan lainnya, Anda mungkin juga akan mengalami batuk. Masuknya virus penyebab batuk ini juga dapat menyebabkan hidung tersumbat sekaligus demam selama beberapa hari.

Ketika demam dan pilek sudah mulai berkurang, terkadang batuk masih saja ada dan tak kunjung sembuh. Ini mungkin terjadi karena saluran udara pada paru Anda masih meradang. Kondisi ini disebut dengan postnasal drip.

4. Polusi udara

Masuknya polutan dan zat-zat kimia di udara bisa menjadi dalang mengapa batuk tidak sembuh juga, alias batuk kronis. Bahkan, terkena paparan asap dalam beberapa detik saja bisa langsung memicu batuk, hidung gatal, iritasi paru, hingga memperparah gejala alergi atau asma.

5. Penyakit paru obstruktif kronis 

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan salah satu penyebab batuk kronis yang cukup umum. PPOK adalah penyakit yang menyebabkan paru menghasilkan lendir secara berlebihan.

Akibatnya, tubuh akan mencoba membersihkan timbunan lendir tersebut dengan refleks batuk. Lama-kelamaan, kerusakan jaringan paru akibat PPOK juga membuat penderitanya mengalami sesak napas di waktu yang sama.

6. Bronkitis akut

Batuk tidak sembuh selama berminggu-minggu mungkin menjadi sinyal bronkitis akut. Penyakit yang juga dikenal sebagai flu pada dada ini terjadi akibat peradangan dan pembengkakan pada saluran pernapasan yang terletak di paru-paru.

Selain batuk, gejala bronkitis akut juga ditandai dengan demam, menggigil, sakit tenggorokan, yang semuanya mirip seperti gejala flu biasa. Gejala-gejala tersebut biasanya hilang dalam beberapa hari, tapi sayangnya Anda mungkin mengalami batuk terus-menerus selama berminggu-minggu.

7. Pertusis

Umum dikenal sebagai batuk rejan, pertusis adalah penyakit pernapasan yang sangat menular melalui mulut dan hidung. Batuk rejan biasanya ditandai dengan batuk parah yang tak kunjung sembuh selama berminggu-minggu hingga menyebabkan sulit bernapas.

Saat mencoba menarik napas, akan terdengar suara tarikan napas bernada tinggi yang khas, dada terasa sesak dan disertai dengan batuk parah yang tak juga sembuh padahal sudah minum obat, jadi jangan diabaikan.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS