Terungkap, Ini Alasan Bayi dalam Kandungan Menendang Perut Ibunya!

M. Reza Sulaiman
Terungkap, Ini Alasan Bayi dalam Kandungan Menendang Perut Ibunya!
Ini alasan bayi suka menendang perut ibunya. (Shutterstock)

Pernah nggak sih kepikiran soal alasan kenapa bayi dalam kandungan menendang perut ibunya?

Suara.com - Mendengarkan tendangan bayi dari dalam perut ibu merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami istri (pasutri). Tapi pernah nggak sih kepikiran soal alasan kenapa bayi dalam kandungan menendang perut ibunya?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sekelompok ilmuwan dari University College London melakukan penelitian dengan merekam gelombang otak bayi saat masih di dalam kandungan. Peremakan dilakukan dengan menempelkan alat EEG ke bagian perut ibu yang berdekatan dengan posisi kepala bayi.

Hasil penelitian memperlihatkan adanya aktivitas otak di bagian panca indra yang disebut somatosensory cortex. Sehingga, bisa dibilang bayi menendang perut ibunya untuk 'memetakan' anggota tubuh dan lingkungan sekitarnya.

"Pergerakan spontan, termasuk menendang, merupakan respons bayi saat otaknya bekerja memetakan lingkungan sekitar, dan mengenali anggota tubuhnya sendiri," ujar peneliti Dr Lorenzo Fabrizi, dikutip dari Daily Mail.

Kebanyakan ibu hamil merasakan tendangan bayi di usia kehamilan 16 dan 24 minggu. Pergerakan bayi setelah itu akan bertambah, mulai dari bergoyang, memutar, dan lain-lain.

Kimberley Whitehead, pakar fisiologi klinis yang juga melakukan studi ini mengatakan temuan ini penting untuk memahami kebutuhan bayi sejak dalam kandungan.

"Kebanyakan gerakan ini terjadi saat bayi tidur di dalam kandungan. Karena itu menjaga situasi bayi saat tidur, dengan tidak dengan mengonsumsi hal-hal yang buruk," ujarnya tentang alasan bayi dalam kandungan menendang perut ibunya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS