Studi: 1 dari 20 Kasus Kanker Terjadi karena Obesitas

M. Reza Sulaiman
Studi: 1 dari 20 Kasus Kanker Terjadi karena Obesitas
Obesitas sebabkan 1 dari 20 kasus kanker yang terjadi saat ini. (Sumber: Shutterstock)

Studi terbaru mengungkap 1 dari 20 kasus kanker yang terjadi di dunia disebabkan oleh obesitas.

Suara.com - Pengaruh obesitas bagi risiko penyakit kanker tak boleh lagi diremehkan. Studi terbaru mengungkap 1 dari 20 kasus kanker yang terjadi di dunia disebabkan oleh obesitas.

Hyuna Sung, peneliti dari American Cancer Society, menyebut obesitas merupakan penyebab sekitar 4 persen kasus kanker di seluruh dunia. Jika ditotal, jumlah kasus kanker yang terjadi karena obesitas bisa mencapai lebih dari 544 ribu setiap tahun.

Uniknya, studi yang diterbitkan di CA: A Cancer Journal for Clinicians ini memperlihatkan adanya perbedaan pengaruh obesitas di negara maju dan negara berkemabng.

Di negara maju, obesitas berpengaruh terhadap 1 persen kasus kanker. Sementara di negara miskin dan berkembang, 7-8 persen kasus kanker dipengaruhi oleh obesitas.

"Tidak banyak orang menghubungkan berat badan dan kanker. Padahal menjaga berat badan tetap ideal dan menghindari obesitas penting untuk mengurangi risiko terserang kanker," ujar Sung, dikutip dari Reuters.

Penelitian ini juga mengungkap soal tingginya angka kasus obesitas di seluruh dunia. Pada tahun 2016, tercatat 40 persen orang dewasa dan 18 persen pelajar usia sekolah mengalami obesitas.

Obesitas sendiri dikaitkan dengan peningkatan risiko 13 jenis kanker, yakni kanker payudara, usus besar, anus, rahim, esofagus, kantong empedu, ginjal,liver, mulut rahim, pankreas, perut, tirodi, otak, tulang belakang, hingga sel darah.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS