Keren, Tato Ini Bisa Ukur Gula Darah hingga Detak Jantung

Vika Widiastuti
Keren, Tato Ini Bisa Ukur Gula Darah hingga Detak Jantung
Ilustrasi tato. (Shutterstock)

Tato elektronik buatan ini bersifat temporer alias sementara

Suara.com - Para peneliti dari Carnegie Mellon University di Pennsylvania baru-baru ini menciptakan 'tato kesehatan' atau tato yang memiliki fungsi medis

Tato elektronik buatan mereka ini bersifat temporer alias sementara, tetapi bisa tahan lama. Dikutip HiMedik dari TechRadar, karya inovatif tersebut bahkan bisa dipakai untuk mengukur segala sistem di dalam tubuh manusia, mulai dari gula darah sampai detak jantung.

Mahmoud Tavakoli, rekan penulis studi ini, menjelaskan terobosan timnya di situs resmi universitas.

"Kami menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa pola nanopartikel perak yang dicetak dengan inkjet dapat disinter (dibentuk menggunakan panas atau tekanan) pada suhu kamar menggunakan campuran gallium indium," ungkap Tavakoli. "Menyingkirkan kebutuhan akan suhu tinggi untuk menyinter membuat teknik kami kompatibel dengan film tipis dan substrat yang sensitif terhadap panas."

Karena proses pembuatan tato elektronik tak membutuhkan panas yang ekstrem, para ilmuwan pun telah menemukan cara mengaplikasikannya. Caranya yakni, tato dibubuhkan pada film tipis yang bisa ditempelkan ke kulit menggunakan spons basah, mirip dengan tato temporer lucu zaman kanak-kanak.

Metode ini membuat tato tersebut jauh lebih kuat, fleksibel, dan mudah digunakan. Ini berarti, tato elektronik akan segera bisa dipakai oleh siapa pun meski sensor kimia disematkan untuk mendeteksi perubahan pada kulit yang berhubungan dengan kadar gula darah, atau bahkan sensor untuk mendeteksi detak jantung pengguna.

Namun, jika tato elektronik baru yang tahan lama ini nantinya disertai aplikasi kesehatan, kemungkinan kita harus menunggu hingga masa pengujian yang lama selesai, sebelum disetujui oleh badan pengawas untuk bisa digunakan.

(HiMedik.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS