Boleh Ditiru, Cara Selebgram Babymoonella Minimalkan Screen Time

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Boleh Ditiru, Cara Selebgram Babymoonella Minimalkan Screen Time
Merry Inggriani punya cara untuk kurangi screen time pada babymoonella. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Ingin buah hati tak sering main gadget dan screen time berkurang? Ini tipsnya.

Suara.com - Boleh Ditiru, Cara Selebgram Babymoonella Minimalkan Screen Time

Paparan internet dan gadget alias screen time memang tak bisa dihindari, namun bisa diminimalkan.

Sadar akan hal tersebut, Merry Inggriani, sebagai ibu selebgram cilik Moonella, memiliki trik sendiri agar buah hatinya tak terlalu sering bermain gadget.

Menurut Merry, caranya adalah dengan memberikan Moonella Sunshine Jo aktivitas. Bahkan, kata dia, hal ini membuat buah hatinya hanya memiliki screen time (waktu melihat layar) kurang dari satu jam dalam sehari.

"Kalau ditotal sih screen time Moonel nggak sampai satu jam sehari. Biasanya kalau screen time kan dia abis makan. Habis makan, kita ajak dia main. Tanya Moonel pengin main apa? Mau main masak-masakan, keluarin mainannya. Mau jadi Rockstar, kita pakein dia kacamata item, main piano," ungkap Merry yang berada dibalik popularitas akun Instagram @babymoonella, saat suara.com temui di Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Lebih lanjut, kata ibu dua orang anak ini, jika dirasa sudah terlalu banyak bermain, dirinya juga akan mengajak Moonella belajar, misalnya mengeluarkan buku mewarnai, berhitung atau membaca.

Ilustrasi anak-anak bermain musik. (Sumber: Shutterstock)
Ragam aktivitas anak untuk mengurangi screen time. (Sumber: Shutterstock)

Hal penting lainnya adalah, apapun aktivitas yang dilakukan, Merry menekankan pentingnya menemani anak. Karena menurut dia, selain lebih terkontrol, dengan ditemani, imajinasi anak akan lebih tereksplor.

"Kalau nggak ditemenin takutnya dia salah kaprah. Tidak terkontrol, dia tidak tahu mana yg benar dan mana yang salah. Kalau ngga ditemenin dia nggak bisa eksplor lebih banyak," jelas dia.

Moonella yang saat ini memiliki pengikut di Instagram mencapai 1,2 juta ini, kata Merry sejak usia 1,5 tahun memang sudah dikenalkan permainan imajinasi seperti masak-masakan, boneka hingga polisi-polisian.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS