Redakan Gejala Menopause dengan Akupunktur, Ampuhkah?

M. Reza Sulaiman
Redakan Gejala Menopause dengan Akupunktur, Ampuhkah?
Perempuan alami gejala menopause, redakan dengan akupunktur. (Foto: shutterstock)

Sebuah studi melihat manfaat akupunktur bagi perempuan untuk meredakan gejala menopause.

Suara.com - Redakan Gejala Menopause dengan Akupunktur, Ampuhkah?

Gejala menopause bisa menyebabkan beragam masalah bagi perempuan. Serangan panas, keringat berlebih, hingga gangguan emosi akibat perubahan hormon mengintai perempuan yang akan menopause.

Nah, sebuah studi yang diterbitkan oleh BMJ Open melihat manfaat akupunktur bagi perempuan untuk meredakan gejala menopause.

Studi yang dilakukan di University of Southern Denmark melihat bahwa akupunktur mampur mengurangi gejala-gejala menopause yang disebutkan di atas.

Salah satu penulis studi, Prof Frans Boch Waldorff, mengaku belum menemukan bagaimana mekanisme akupunktur bisa mengurangi gejala menopause yang dialami perempuan.

"Namun akupunktur adalah metode yang aman, murah, dan simpel, dengan efek samping yang sangat sedikit. Jika Anda sedang mengalami gejala menopause dan merasa kesulitan, Anda bisa mencoba melakukan akupunktur," ujar Prof Waldorff, dilansir BBC.

Akupunktur merupakan salah satu teknik pengobatan tradisional dari China, di mana jarum-jarum khusus ditusukkan di lokasi tertentu pada tubuh.

Studi ini dilakukan kepada 70 perempuan dengan gejala menopause menengah hingga berat. Hasil studi menyebut 80 persen peserta mengaku kualitas hidupnya meningkat setelah menjalani 6 minggu sesi akupunktur.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS