Menlu : Kalau Warga Tidak Sehat, Bangsa Jadi Lemah

Vania Rossa | Firsta Nodia
Menlu : Kalau Warga Tidak Sehat, Bangsa Jadi Lemah
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam Acara Youth Town Hall Nasional. (Dok. Kementerian Kesehatan)

Menlu Retno Marsudi mengatakan bangsa yang tidak sehat membuat bangsa jadi lemah.

Suara.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bangsa yang tidak sehat membuat bangsa jadi lemah. Hal itu ia ungkapkan pada acara Youth Town Hall Nasional, Kamis (21/3) di Balai Sarbini, Jakarta.

Menlu Retno mengatakan bahwa kesehatan masuk di dalam human security. Itu sebabnya meski tidak langsung berkaitan, namun bidang kesehatan memengaruhi segala aspek bangsa.

“Kalau sebuah bangsa tidak sehat, maka bangsa tersebut akan lemah,” ujar Menlu Retno.

Karena itu, lanjut Retno, untuk menjadi bangsa kuat, maka masyarakatnya juga harus sehat. Mengingat Indonesia akan mencapai bonus demografi di mana usia produktif lebih tinggi dibandingkan rentang usia lainnya, maka ia mengimbau agar generasi muda harus menjaga kesehatannya mulai dari sekarang.

"Dengan kesehatan, maka pemuda bisa lebih produktif dan bisa melakukan banyak hal. Selain itu, pemuda pun perlu memerhatikan kesehatan saat ia menjadi orangtua," imbuhnya.

Menlu Retno mengatakan, untuk para perempuan, misalnya, jika akan mengandung pastikan memerhatikan asupan gizi agar bisa memastikan calon generasi penerusnya lahir dalam kondisi sehat.

"Dalam hal ini, karena akan mengandung maka perempuan jangan sampai kekurangan gizi, agar melahirkan bangsa yang sehat," tandas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS