Alami Edema Saat Hamil, Tasya Kamila Putuskan Potong Cincinnya

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Alami Edema Saat Hamil, Tasya Kamila Putuskan Potong Cincinnya
Tasya Kamila terpaksa potong cincin, karena mengalami edema saat hamil. [Suara.com/Ismail]

Berbagai metode sudah dilakukan Tasya Kamila, tetapi tak membuahkan hasil.

Suara.com - Mengalami edema saat hamil, penyanyi Tasya Kamila memutuskan memotong cincin dari suaminya, Randi Bachtiar. 

Pada Sabtu (23/3/2019) pagi kemarin, si pemilik akun Instagram @tasyakamila ini mengeluhkan soal jari bengkak. Dalam sejumlah video yang diunggah di Instagram stories, cincin kawin Tasya Kamila memang terlihat seolah mengikat jari manisnya.

Berbagai metode pun dicoba, mulai dari sekadar menarik cincin, lalu membasuh dengan sabun, hingga berlanjut menggunakan benang, perban, kemudian pita. Namun, segala upaya itu tak membuahkan hasil dan malah membuat jari Tasya Kamila makin membengkak.

Di malam hari, Tasya Kamila melanjutkan usahanya melepaskan cincin. Kali ini ia dan Randi Bachtiar mencoba memakai air dingin, lalu minyak goreng, kemudian baby oil, dan lagi-lagi pita, tetapi sama seperti sebelumnya -- gagal.

Mantan penyanyi cilik itu mengaku bahwa sebenarnya cincin yang kini terasa sempit tersebut tak membuat jarinya sakit. Ia mengungkapkan, justru setelah cincinnya berkali-kali dipaksa untuk dilepas, Tasya Kamila merasakan perih, karena kulit jarinya lecet.

Jari Tasya Kamila bengkak - (Instagram/@tasyakamila)
jari Tasya Kamila bengkak, karena mengalami edema - (Instagram/@tasyakamila)

Akhirnya, pada Minggu (25/3/2019), Tasya Kamila memutuskan untuk memotong cincin Swan Jewellery dan Tiffany & Co. yang melingkar di jari manis kanannya itu. Awalnya, perempuan 26 tahun itu memotongkan cincin yang melingkar di atas dan bawah cincin tunangannya.

"Yang Swan sih enak banget, mereka bisa potongin terus entar tinggal disatuin lagi, tapi yang Tiffany & Co. nih agak-agak ribet sedikit sih, karena kan mereka pusatnya enggak di Indonesia," ujar Tasya Kamila dalam video.

"Kata org Tiffany utk service nya aja hrs nunggu 3 bulan, jadi kata mereka usahain lepas cincinnya tanpa harus dipotong," tambah Tasya Kamila melalui tulisan di video.

Kemudian, petugas di toko perhiasan kembali membantu Tasya Kamila melepaskan cincin tunangannya yang bermerek Tiffany & Co. Namun, meski telah memakai sabun, usaha tetap gagal.

Akhirnya, seluruh cincin Tasya Kamila dipotong. Kini hanya ada bekas merah yang melingkar di jari manis kanan Tasya Kamila.

"Jd inget wkt di-propose @randibachtiar pake cincin ini, kegedean bgt (size std Tiffany 6, jariku size 3) HAHA trus klo di resize di Jkt/Singapur hrs nunggu lama, akhirnya ku bawa ke New York terus di sana bisa sehari jadii, seneng bgt kemana2 pake cincin tunangan," ungkap Tasya Kamila di story berikutnya.

Cincin Tasya Kamila dipotong - (Instagram/@tasyakamila)
Cincin Tasya Kamila dipotong, karena mengalami edema saat hamil - (Instagram/@tasyakamila)

Kondisi pembengkakan tubuh pada ibu hamil, menurut American Pregnancy, memang wajar. Kondisi ini disebut dengan edema.

Selama masa kehamilan, para ibu biasanya mengalami edema dengan terlihatnya pembengkakan normal pada tangan, wajah, kaki, pergelangan kaki, dan telapak serta punggung kaki.

Saat hamil, tubuh perempuan memproduksi sekitar 50% lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang. Oleh karena adanya darah dan cairan tambahan ini, beberapa bagian tubuh kemudian membengkak.

Retensi cairan ekstra ini diperlukan untuk membuat tubuh lebih lunak, sehingga dapat mengembang dengan mudah ketika bayi juga berkembang. Cairan ekstra ini juga membantu mempersiapkan persendian dan jaringan panggul agar terbuka untuk persalinan. Cairan tambahan ini berjumlah sekitar 25% dari kenaikan berat badan perempuan selama kehamilan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS