Makan Dua Buah Pisang Setiap Hari, Ini Deretan Manfaat yang Didapat

M. Reza Sulaiman
Makan Dua Buah Pisang Setiap Hari, Ini Deretan Manfaat yang Didapat
Pisang punya banyak manfaat. (Shutterstock)

Mudah ditemukan dan memiliki harga murah, buah pisang juga kaya kandungan gizi lho.

Suara.com - Makan Dua Buah Pisang Setiap Hari, Ini Deretan Manfaat yang Didapat

Mudah ditemukan dan memiliki harga murah, buah pisang juga kaya kandungan gizi lho.

Dilansir Himedik dari fitnessandpower.com pisang adalah buah yang mengandung sukrosa dan fruktosa gula alami yang memberikan cita rasa manis.

Selain itu, pisang juga memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan serat yang sangat baik untuk melengkapi nutrisi makanan kita di siang hari.

Adapun vitamin yang terkandung dalam pisang yakni vitamin B6, vitamin C dan kalium yang selalu dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap harinya. Rata-rata pisang diketahui mengandung kalium sebanyak 467 miligram dan natrium 1 miligram.

Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk melindungi aterosklerosis. Di sisi lain, kalium pada pisang juga membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan mengurangi jumlah kalsium yang keluar melalui cairan urine dan mencegah penipisan tulang.

Karena itu, mengonsumsi 2 pisang setiap hari secara rutin bisa memberikan banyak manfaat pada tubuh, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan usus

2. Menurunkan berat badan

3. Mengontrol tekanan darah

4. Melindungi kesehatan mata

Ilustrasi pisang. (Shutterstock)
Pisang punya banyak manfaat. (Shutterstock)

Sama seperti buah lainnya, kandungan gizi antara pisang mentah dan pisang matang pun berbeda. Dalam hal ini, pisang yang matang dengan kulit berwarna kuning gelap memiliki kadar anti-oksidan tinggi yang berguna melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan berbagai jenis kanker mematikan.

Berdasarkan penelitian di Jepang, pisang matang yang penuh dengan bercak hitam di kulitnya menghasilkan lebih banyak Tumor Necrosis Factor (TNF), yakni sitokin yang melawan sel-sel tumor abnormal dalam tubuh dan merangsang produksi sel darah putih.

Sehingga, semakin baik kualitas pisang yang dikonsumsi maka semakin bagus pula manfaatnya untuk meningkatkan imunitas dan anti kanker. Bahkan pisang dengan bintik-bintik atau bercak hitam di kulitnya dinilai 8 kali lebih efektif meningkatkan sel darah putih daripada pisang hijau.

Penelitian ini dibuktikan dengan hasil pisang dengan bintik hitam berhasil mencegah tumbuh dan menyebarnya sel tumor dalam tubuh. Jadi, jangan membuang pisang yang berbintik hitam karena itulah tanda pisang memiliki lebih banyak manfaat ajaib bagi tubuh. (Himedik/Shevinna Putti Anggraeni)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS